RADAR JOGJA – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) baru saja menggelar penandatanganan dokumen kerja sama dengan pihak Ombudsman Republik Indonesia (ORI) di Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY, Senin (29/11). Penandatanganan kerja sama dihadiri Wakil Ketua ORI Ir Bobby Hamzar Rafinus MIA, Rektor UAJY Prof Ir Yoyong Arfiadi M. Eng, Ph.D, jajaran rektorat, dekan fakultas dan perwakilan anggota ORI.

Rektor UAJY Yoyong Arfiadi dalam sambutannya menyampaikan, perguruan tinggi memiliki peran signifikan untuk mendukung terciptanya pelayanan publik yang lebih baik dan lebih terbuka. Meskipun UAJY bukan lembaga pemerintah, UAJY berkomitmen memberikan layanan pendidikan hingga hukum untuk masyarakat. “Kita perlu mendukung terciptanya pelayanan publik yang terbuka dan lebih baik, yang sejalan dengan nilai-nilai Universitas Atma Jaya Yogyakarta,” ujar Yoyong.

Kerja sama ini momentum yang baik untuk dimanfaatkan oleh fakultas dan prodi lain, karena ORI mempunyai tugas utama yaitu pengawasan pelayanan publik. “Terlebih bagi mahasiswa Fakultas Hukum memiliki tugas utama untuk ikut ambil bagian dalam mendorong budaya hukum yang ada di masyarakat,” ujar Dr Y Sari Murti Widiyastuti SH, M.Hum, dekan Fakultas Hukum UAJY.

Wakil Ketua ORI Bobby Hamzah mengungkapkan, pihaknya telah memiliki target untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kerja sama yang dijalin mencakup beberapa fungsi dari ORI dan juga dapat mendorong masyarakat lebih aktif dalam memberikan laporan dan aduan mengenai pleayanan publik kepada kami,” jelasnya.

Penandatanganan dilanjutkan dengan diskusi singkat terkait perencanaan pelaksanaan kerja sama yang dipandu Wakil Dekan III Fakultas Hukum B. Hengky Widhi Antoro SH, M.H. dan selanjutnya ditutup dengan sesi foto bersama. (*/om9/laz/ila)

Pendidikan