RADAR JOGJA – Mahasiswa semester 1 program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) mulai menjalani kuliah pertama Senin (15/11/2021).

Kuliah perdana yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom diisi oleh Direktur Polbangtan YoMa Dr Bambang Sudarmanto. Diikuti seluruh mahasiswa baru RPL sebanyak 209 orang. Mereka nantinya akan menempuh kuliah di Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB) serta Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH).

Pada kesempatan itu, para mahasiswa tampak antusias menyimak materi orientasi perkuliahan RPL yang disampaikan Bambang.
Seperti diungkapkan Toni Haryanto, mahasiswa Prodi PPB. Dia mengaku sangat bersemangat mengikuti kuliah RPL. “Semoga saya dan teman-teman penyuluh P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) semua lancar dan dapat menjalankan kuliah dengan optimal. Walaupun kami tetap mengemban tugas sebagai penyuluh,” ujarnya.

SEMANGAT: Direktur Polbangtan YoMa Dr Bambang Sudarmanto saat mengisi kuliah perdana secara daring via Zoom, Senin (15/11/2021).(POLBANGTAN YOMA)

Sementara itu, Bambang berpesan kepada para mahasiswa agar perkuliahan RPL tidak hanya didasarkan pada tuntutatn memenuhi syarat perpanjangan P3K. “Niatkan untuk ibadah,” tuturnya.

Dikatakan, RPL merupakan solusi dan untuk akselerasi kepegawaian. Sebab, pada tahun 2021 ada pengangkatan aparatur sipil negara (ASN) P3K penyuluh pertanian yang masih SLTA dan D2 sebanyak 4.830 orang. “Untuk menjadi penyuluh terampil minimal D3, dan menjadi penyuluh ahli minimal kualifikasi pendidikan D4/S1. Itu tertuang dalam Permen PAN-RB Nomor 35/2020 pasal 14. Dan dijawab dengan program pendidikan formal melalui pendekatan RPL,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, Polbangtan YoMa adalah sekolah vokasi. Sehingga teknis perkuliahannya terdiri atas 70 praktik dan 30 persen teori.

Menurut Bambang, selama masa pandemi Covid-19 kuliah masih menggunakan pendekatan blended learning. Menggunakan media sistem informasi akademik yang dimiliki Polbangtan YoMa, yaitu SIATO (sistem informasi akademik terpadu online).(*/yog)

Pendidikan