RADAR JOGJA –¬†Ada lebih dari 7000 bahasa di dunia dan hanya beberapa saja yang berstatus penting. Dan karena proses globalisasi, belajar bahasa-bahasa ini akan sangat krusial untuk potensi perkembangan karir. Berikut, empat bahasa asing yang penting untuk dipelajari anak mulai dari sekarang.

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di dunia. Diperkirakan, ada lebih dari 1.000 juta orang yang notabene adalah native bahasa ini. Banyak orang berpikir bahwa bahasa Inggris hanya digunakan di A.S. Tapi faktanya, bahasa Inggris digunakan secara masif di beberapa negara lainnya seperti: Kanada, Australia, Selandia Baru, Irlandia, Barbados, Sudan, Kenya, Tanzania, Zimbabwe, Sierra Leone, Afrika Selatan, Nigeria, Ghana, dan Namibia.

Meskipun bukan salah satu bahasa yang paling sulit untuk dipelajari, bahasa Inggris memiliki beberapa elemen yang memperumitnya seperti kata kerja dan pengucapannya yang tidak beraturan. Saat ini, English adalah bahasa yang diminati banyak orang untuk dipelajari karena memahami bahasa Inggris merupakan persyaratan mendasar untuk dapat mengakses sebagian besar pekerjaan.

Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol adalah turunan bahasa Roman. Ada sekitar 420 juta orang yang menggunakan bahasa ini sebagai bahasa ibu mereka dan, oleh karena itu, menjadi bahasa kedua yang paling banyak digunakan orang di dunia. Secara global, bahasa ini dituturkan oleh 500 juta orang. Selain Spanyol, bahasa ini juga digunakan secara luas di Amerika Latin dan Guinea Khatulistiwa.

Bahasa Spanyol adalah salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari karena sebagian besar tilde dan berbagai konjugasi kata kerja. Namun terlepas dari tingkat kesulitannya, bahasa ini adalah salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari di seluruh belahan dunia.

Bahasa Arab

Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang paling penting dan paling tersebar luas. Sekitar 250 juta jiwa tercatat sebagai penutur bahasa ibu dan hampir 600 juta orang fasih berbahasa ini di seluruh dunia. Bahasa Arab juga merupakan bahasa resmi di 23 negara, semuanya terletak di Timur Tengah dan Afrika.

Bahasa Arab kerap menjadi bahasa yang sangat sulit untuk dipelajari karena ada dua dialek yang berbeda: formal dan yang digunakan sehari-hari. Selain itu, tulisannya juga dituliskan dari kanan ke kiri.

Bahasa Mandarin

Bahasa ini adalah salah satu bahasa yang paling luas dan salah satu penemuan linguistik tertua yang pernah ada. Diperkirakan, saat ini ada sekitar 1,3 miliar penutur bahasa Mandarin. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah orang yang belajar bahasa Mandarin telah berlipat ganda karena selain minat mereka pada bahasa, banyak orang yang menganggap bahwa dalam beberapa tahun, Negara Tirai Bambu akan menjadi negara adidaya ekonomi.

Menurut para ahli, bahasa Cina adalah salah satu bahasa yang paling rumit untuk dipelajari baik secara lisan maupun tulisan. Namun pendekatan khusus dari LingoAce dipastikan dapat mengeliminasi tantangan tersebut.

Startup edutech yang fokus pada pembelajaran bahasa Mandarin yang autentik, menarik, dan efektif untuk anak-anak ini menggunakan pendekatan khusus dalam program belajarnya. Peserta didik akan diajarkan dengan metode aplikasi multimedia yang canggih dan imersif.

Tidak hanya itu, LingoAce juga menitikberatkan les bahasa Mandarin online mereka pada konsep memahami cara belajar anak kekinian. Tiap peserta didik di startup ini akan diperhatikan gaya belajar, kebutuhan emosional, sosial dan suasana belajarnya. (*/ila)

Pendidikan