RADAR JOGJA – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) gelar Peluncuran dan Penyerahan Royalti Buku UMY Press. Acara dilangsungkan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2021. Sebagai tolak pacu ketekunan dosen berjuang rampungkan karya berupa penulisan buku.

Kepala Lembaga Riset Indonesia (LRI) UMY, Prof Dr Dyah Mutiarin mengungkap, sebanyak enam orang penulis yang juga merupakan dosen diundang dalam acara. Kepada mereka, UMY Press menyerahkan royalti. “Bahkan royalti sebesar Rp 6.500 juga kami serahkan sebagai penjaga nama baik,” ungkap Dyah dalam sambutannya Rabu (10/11).

Dikatakan UMY yang sedang menuju sebagai research excellence university. Sehingga produktivitas dosen sangat penting. Salah satunya dengan menerbitkan buku. “Buku bisa dari hasil research, bisa juga buku ajar. Tapi kami juga ada buku monograf hasil research sebagai referensi,” beber Arin, sapaan akrabnya.

Arin mengajak para dosen di UMY untuk giat menulis buku. Sebab salah satu pencapaian tertinggi sebagai seorang dosen adalah menjadi guru besar. Untuk dapat mencapainya, salah satu caranya adalah dengan melakukan banyak publikasi. “Mari istiqomah menjadikan guru besar sebagai tujuan,” sebutnya.

Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM menyebut bahwa guru besar adalah inspirator. Di sisi lain, publikasi yang dilakukan oleh dosen dapat jadi promosi positif bagi UMY. “Keahlian itu sudah saatnya bukan hanya dihargai, tapi dihormati,” cetusnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Ir Sukamta menambahkan, salah satu cara mendorong publikasi adalah adanya IKS di prodi dan fakultas. Sistem tersebut dibuat untuk menggerakan para dosen tanpa pemaksaannya untuk berkarya. “Saya harap, tulisan atau buku yang selanjutnya diproduksi mulai mengaitkan keilmuan dengan Islam. Karena itu ciri dari UMY,” pesannya.

Sementara salah satu Dosen UMY, Dr Laelia Dwi Anggraini memuji kecepatan dan kinerja UMY Press. Di mana dirinya dalam waktu dua tahun dapat melahirkan lima judul buku. “Saya lihat percepatannya sangat tinggi dalam melakukan pencetakan,” ucapnya. (fat/bah)

Pendidikan