RADAR JOGJA – Seribu lebih pelajar mendapat beasiswa dari Pemkab Gunungkidul. Bantuan yang dikemas melalui program Gunungkidul cerdas ini salah satu tujuannya meningkatkan kualitas pendidikan. Bantuan stimulan beasiswa bagi siswa SD dan SMP tersebut bersumber dari aggaran APBD kabupaten.

Plt Sekretatis Dinas Pendidikan (Disdikpora) Gunungkidul, Kisworo mengatakan program beasiswa Gunungkidul cerdas sekaligus untuk membantu para siswa dalam rangka pemenuhan keperluan sarana sekolah di masa pandemi. Kemudian sebagai upaya mengurangi angka putus sekolah.
“Total anggaran beasiswa Rp 500 juta lebih. Masing-masing anak menerima Rp 500 ribu,” kata Kiswara saat dihubungi Selasa (9/11).

Kiswara merinci, tingkat SD penerima sebanyak 800 siswa dan SMP 216 siswa. Dana yang ada selanjutnya masuk ke rekening siswa masing-masing dan disalurkan melalui PT Bank Daerah Gunungkidul (BDG). Menurutnya, penerima beasiswa adalah usulan dari sekolah. Kreterianya siswa kurang mampu, dan berprestasi. Selain itu tidak boleh dobel dengan bantuan lain, seperti Program Indonesia Pintar (PIP).

“Tujuan dari beasiswa ini tidak hanya sekedar memberi, tapi sekaligus memberi edukasi kepada pelajar mengenai perbankan. Program beasiswa Gunungkidul Cerdas sudah berjalan sejak dua tahun terakhir,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, ini sebagai bentuk pendampingan dunia pendidikan dengan meringankan beban dengan pemberian stimulan beasiswa Gunungkidul Cerdas. Dia berkeyakinan kedepan, derajat pendidikan yang baik mampu mencetak SDM berkualitas dan siap menjadi pemimpin baik level kabupaten maupun nasional.

“Beasiswa dari pemerintah melalui anggaran APBD. Kiranya patut disyukuri dapat digunakan dengan baik sesuai keperuntukanya bagi putra-putri dalam memenuhi kebutuhan pendidikan” kata Bupati Sunaryanta.

Pihaknya juga berpesan dan berharap kepada orang tua untuk mendorong dan memberikan motivasi anak-anak dalam meraih cita-cita, menjadi generasi penerus bangsa dengan SDM unggul.

“Bagaimana mengemas keluarga untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera dan menciptakan generasi yang mampu membangun dan menjadi pemimpin bangsa” tegasnya. (gun/bah)

Pendidikan