RADAR JOGJA – Sebanyak 51 mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menjalani wisuda, Sabtu (30/10). Wisuda tahun ini mengusung tema Pengembangan Profesi Teknik Sipil pada Industri Jasa Konstruksi. Sementara untuk pembekalan wisuda ke-40 ini dilakukan secara online.

Rektor UCY Ciptasari Prabawanti mendorong agar lulusan Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik menjadi lulusan yang berkualitas. Mampu memasuki dunia kerja secara profesional, memilki integritas tinggi, menjunjung tinggi moral dan berjiwa kebangsaan sebagaimana visi dan misi kampus.

“Kepercayaan publik akan makin besar dengan dukungan alumni yang sudah tersebar,” jelasnya, Sabtu (30/10).

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah DIJ Ahmad Suraji menuturkan lulusan Teknik Sipil memiliki nilai jual tinggi. Dalam artian kemampuannya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Namun dia juga meminta para lulusan Teknik Sipil membekali diri dengan matang.

Sarjana Teknik Sipil, menurutnya, harus mampu mengintergrasikan keilmuannya. Faktor-faktor tersebut diantaranya menjadi bagian dari pekerjaan sipil. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan supervisi.

“Hal ini penting agar produk kegiatan teknik sipil benar-benar bisa memberi manfaat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” katanya.

Pengurus HAKI DIJ Hery Kristiyanto mengatakan lulusan teknik sipil perlu mengikuti dinamika jaman. Dengan terus mendalami perkembangan pengaturan profesi teknik sipil. Terlebih seiring waktu perubahan dan inovasi akan terus terjadi.

“Pengakuan profesi teknik sipil telah diatur mulai dari keanggotaan asosiasi, sertifikasi keahian/ketrampilan, hingga input data program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PPKP) secara online,” ujarnya. (obi/naf/dwi)

Pendidikan