RADAR JOGJA – Pameran Hasil Program Magang Industri Kampus Merdeka resmi dibuka. Pameran ini merupakan bagian dari rangkaian program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Salah satu pameran berlangsung di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Jogjakarta.

UKDW Jogjakarta sendiri menjadi salah satu perguruan tinggi yang terpilih untuk menyalurkan dana hibah pemerintah untuk 10 orang mahasiswanya. Terutama bagi mahasiswa Program Studi Desain Produk yang melakukan research and development produk. Dengan objek mitra pengrajin produk-produk furnitur yang ada di Jogjakarta.

“Salah satunya bekerja-sama dengan Uwitan Craft Space dan membuat acara pameran Gelar Desain (GEDE) dengan tema Ekologi Kreatif Kampus Merdeka.Pameran berlangsung dari 28 hingga 29 Oktober secara hybrid luring dan daring,” jelas Ketua Program Studi Desain Produk UKDW Jogjakarta Kristian Oentoro.

Oentoro menjelaskan latar belakang pameran memiliki konsep yang kuat. Berusaha mengangkat suatu ekosistem atau satu komunitas kreatif yang didalamnya ada dunia industri. Khususnya bagi mahasiswa yang sedang menempuh program kampus merdeka pada sektor magang industri dan wirausaha desain.

Untuk di Uwitan Craft Space sendiri terdapat tiga mahasiswa UKDW Jogjakarta yang terlibat. Ketiganya juga ikut dalam ajang pameran tersebut. Dia berharap keikutsertaan mahasiswanya dapat mengasah kemampuan ketika berhadapan dengan dunia profesional kerja.

“Harapan saya bagi mahasiswa yang melakukan pameran di Uwitan ini mereka dapat berkembang lagi dengan masukan-masukan yang ada serta nantinya saat di dunia kerja sudah siap menjadi wirausaha desain yang memenuhi standar dunia kerja.” kata.

Pemilik Uwitan Craft Space Aji Akbar Titimangsa menyambut positif kolaborasi ini. Menurutnya sudah sewajarnya mahasiswa ikut andil dalam sebuah pameran. Tak hanya hadir sebagai kewajiban perkuliahan tapi cenderung kepada menampilkan karya.

Dia menceritakan konsep dari program kampus merdeka. Setiap mahasiswa magang dari program kampus merdeka, lanjutnya, mendapatkan modal oleh pemerintah sebesar Rp. 5 juta. Tujuannya untuk mengembangkan produknya.

“Output dari modal tersebut dijadikan sebuah karya yang dipamerkan disini. Harapan dari adanya event (pameran Gelar Desain) ini, produk-produk dari brand lokal dapat semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat,” ujarnya. (Om6/dwi)

Siti Setianingsih for Radar Jogja

Pendidikan