RADAR JOGJA – Universitas Widya Mataram (UWM) Jogjakarta menyelenggarakan wisuda sarjana ke-59. Prosesi wisuda sarjana ini menandai lahirnya intelektual atau cendekiawan baru dari UWM Jogjakarta. Dapat berkontribusi dalam membangun bangsa dengan mengimplementasikan ilmunya di masyarakat.

Rektor Universitas Widya Mataram Jogjakarta Edy Suandi Hamid berharap para wisudawan tetap meningkatkan kompetensinya. Baik melalui literasi, kreativitas dan kemampuan menganalisa. Guna memperkuat kemampuan daya saing dalam era Revolusi Industri 4.0. Tujuannya agar manou bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif.

“Wisudawan memasuki era baru, yang menuntut kemampuan adaptasi, jangan menjadi seseorang yang mudah menyerah dan mudah puas. Tapi jadilah seseorang yang terus berusaha sampai titik puncak,” pesannya kepada para wisudawan Universitas Widya Mataram Jogjakarta.

Edy menegaskan para lulusan Universitas Widya Mataram Jogjakarta wajib membekali diri secara matang. Terutama untuk bersaing diera perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Mampu secara adaptif dan fleksibel dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

“Sudah memasuki dunia kerja era digital. Keterampilan abad ke-21 yang meliputi¬†Communication, Collaboration, Creativity, Critical Thinking¬†akan sangat membantu untuk berkembang di masyarakat, sehingga mampu untuk berkompetisi dalam persaingan global yang terus berjalan sekarang ini,” katanya.

Wisuda kali ini diikuti oleh 93 peserta. Terdiri dari 23 mahasiswa dari Prodi Manajemen, 5 mahasiswa Prodi Akuntansi, 19 mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, 15 mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik. Adapula 6 mahasiswa Prodi Sosiologi, 8 mahasiswa Prodi Arsitektur, 10 mahasiswa Prodi Teknik Industri dan 7 mahasiswa Prodi Teknologi Pangan.

Total hingga tahun ini Universitas Widya Mataram Jogjakarta telah memwisuda sebanyak 9.151 orang. Seluruhnya telah memasuki dunia kerja sesuai disiplin ilmu masing-masing. Termasuk telah mengembangkan unit usaha secara mandiri.

“Saya berharap lulusan Universitas Widya Mataram diharapkan mampu menghasilkan sarjana serta calon pemimpin bangsa yang senantiasa memegang teguh prinsip Hamemayu Hayuning Bawana. Berwatak kesatria, serta bersikap golong gilig, sengguh ora mingkuh, sebagaimana ajaran yang ditanamkan kepada para Calon Raja Keraton Jogjakarta,” harapnya. (obi/om6/dwi)

Pendidikan