RADAR JOGJA – Universitas Widya Mataram (UWM) Jogjakarta menyelenggarakan wisuda sarjana ke-59. Prosesi wisuda kampus yang berdiri sejak 1982 ini menandai lahirnya intelektual atau cendekiawan baru. Kedepannya para lulusan UWM dapat berkontribusi dalam membangun bangsa.

Wisuda kali ini diikuti oleh 93 mahasiswa. Terdiri dari 23 mahasiswa Prodi Manajemen, 5 mahasiswa Prodi Akuntansi, 19 mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, 15 mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik. Adapula 6 mahasiswa Prodi Sosiologi, 8 mahasiwa Prodi Arsitektur, 10 mahasiswa Prodi Teknik Industri dan 7 mahasiswa Prodi Teknologi Pangan.

“Total jumlah lulusan UWM hingga tahun ini berjumlah 9.151 orang. Saya berharap lulusan Universitas Widya Mataram diharapkan mampu menghasilkan sarjana serta calon pemimpin bangsa yang senantiasa memegang teguh prinsip Hamemayu Hayuning Bawana,” jelasnya Rektor Universitas Widya Mataram Edy Suandi Hamid.

Edy juga berpesan agar para lulusan UWM berwatak kesatria. Serta bersikap golong gilig, sengguh ora mingkuh. Kearifan lokal inilah diwarisakan kepada Calon raja-raja Keraton Jogjakarta.

Wisuda sarjana ke-59 ini juga ditandai dengan berdirinya kampus baru UWM. Dengan adanya kampus baru ini juga bisa meningkatkan minat mahasiswa baru. Terbukti jumlah mahasiswa baru meningkat 23 persen dibandingkan tahun lalu.

“Jumlah pendaftar bahkan meningkat lebih tinggi, yakni naik 27,94 persen,” katanya.

Peresmian kampus baru UWM Jogjakarta oleh Gubernur DIJ Hamengku Buwono X. Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini juga meletakan batub pertama pada 5 September 2021. Sosok ini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Mataram.

Turut hadir pula Menko Polhukam sekaligus Ketua Yayasan Mataram Mahfud MD. Aadapula GKR. Mangkubumi dan Kepala LLDIKTI Wilayah V DIJ Didi Achjari. (om6/dwi)

Pendidikan