RADAR JOGJA- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus melakukan terobosan inovatif meskipun masih dalam masa pandemi covid-19. Meskipun ada pembatasan pertemuan dan penegakan protokol kesehatan (prokes), namun tidak menghentikan budaya akademis yang telah berjalan selama ini.

Salah satunya, UMY memberikan dukungan sepenuhnya dengan adanya konferensi khusus bagi mahasiswa dalam UMY Undergraduate Conference (Grace). UMY memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa untuk mengembangkan keilmuannya.

‘’Mahasiswa harus diberi forum khusus untuk mengembangkan keilmuwan mereka. Agar lembaga perguruan tinggi, dalam hal ini UMY, mampu untuk memberikan sumbangsih bagi pengembangan keilmuwan di Indonesia,’’ ujar Wakil Rektor UMY Bidang Akademik, Prof Dr Ir Sukamta ST MT IPM.

Sementara itu, Ketua UMY Grace, Dr Yeni Rosilawati SIP SE MM mengatakan, konferensi ini dimaksudkan agar mahasiswa memiliki ruang untuk mengembangkan keilmuwannya. Sehingga mahasiswa semakin didorong untuk melakukan riset dan pengembangan dalam proses belajar di perguruan tinggi.

‘’Kami berharap UMY Grace mampu memberikan kanal yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan risetnya. Sehingga mereka bisa mengembangkan keilmuwannya selama duduk di bangku kuliah,’’ ujar Yeni yang juga Wakil Dekan Bidang Keuangan dan SDM Fisipol UMY.

Dikatakan, UMY Grace diharapkan menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk menghubungkan teori yang didapatkan di bangku kuliah dengan penelitian di dunia nyata. ‘’Sumbangan pemikiran mahasiswa juga berpengaruh pada pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam hal ini UMY sangat concern mendukung mahasiswa yang kreatif dan suka riset,’’ katanya. (*/iwa/sky)

Pendidikan