RADAR JOGJA- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil naik ke peringkat 10 besar universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics 2021 (https://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20). Sebelumnya, UMY di peringkat ke-15 versi Webometrics 2021.

Dilansir dari situs resmi Webometrics, pemeringkatan universitas terbaik ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan beberapa indikator penilaian, yaitu dari visibilitas, impact, openess, dan excellence.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional UMY, Prof Dr Achmad Nurmandi MSc mengatakan UMY masuk peringkat kedua di DIY setelah UGM. ”Kenaikan signifikan dari peringkat Januari 2021 adalah visibilitas atau impact UMY.

Demikian pula pada peringkat openness dan excellence, yang ditunjukkan pada meningkatnya jumlah paper dan sitasi yang dihasilkan dosen dan mahasiswa UMY,” kata Nurmandi.

Kepala Lembaga Sistem Informasi UMY, Wahyudi ST MT,  mengatakan pemeringakatan ini dilihat berdasarkan data bahwa UMY naik di sisi indikator penilaian impact.

”Setelah kami melihat data, UMY naik dari sisi jumlah link, jadi indikator impact untuk UMY juga naik. Selain itu juga kami bersih dari sisi Google Schoolar, yaitu tidak adanya artikel dari luar yang tercampur di web UMY,” kata Wahyudi di UMY Selasa (27/7).

Wahyudi mengatakan upaya peningkatan prestasi butuh kerjasama dosen-dosen di UMY untuk meningkatkan jumlah dan kualitas artikel ilmiah. ”Upaya untuk meningkatkan prestasi, kalau dari sisi dosen itu harus menambah artikel-artikel ilmiah sehingga dapat terdeteksi di Google Schoolar, dan artikel tersebut harus berkualitas sehingga banyak yang mensitasi artikel tersebut,” katanya.

Wahyudi berharap dengan kenaikan peringkat ini UMY dapat dikenal secara internasional dan menjadi acuan semangat bagi sivitas UMY. ”Sehingga UMY memiliki branding yang bereputasi baik di skala internasional.

Semoga ini juga menjadi acuan semangat untuk menebar manfaat bagi masyarakat lainnya melalui konten-konten atau artikel-artikel yang disajikan oleh UMY yang mudah diakses oleh masyarakat,” kata Wahyudi. (iwa/sky)

Pendidikan