RADAR JOGJA – Menyiapkan dan mencetak sarjana berkompetensi unggul, berdaya saing global, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki delapan program studi Internasional dengan pengantar materi menggunakan Bahasa Inggris. Salah satu di antara kedelapan kelas internasional UMY tersebut adalah International Program of Communication Studies (IP-COS) yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, UMY tidak menyurutkan semangat internasionalisasinya. UMY berkomitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan memanfaatkan teknologi dan sistem komunikasi yang ada.

Sebagai bagian dari perluasan proses internasionalisasi, UMY mengadakan Online Summer School 2021. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini untuk meningkatkan atmosfer pendidikan yang bersifat internasional. Menjadi ajang promosi UMY untuk menambah jumlah mahasiswa asing.

Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM mengatakan selama masa pandemi, tantangan yang dihadapi UMY menjadi semakin tinggi. Terutama dalam hal sistem belajar mengajar. Namun, Gunawan menegaskan bahwa hal ini tidak akan menurunkan kualitas pendidikan yang diberikan UMY.

“UMY mengelar program Summer School, diikuti oleh delapan kelas internasional yang dimiliki UMY. Kami tetap dapat meningkatkan pengetahuan, atmosfer akademik, dan juga menjaga tali persaudaraan. Sebagai rektor, saya mengapresiasi dengan baik seluruh kerja keras dari para panitia Summer School,” kata Gunawan, kemarin (17/7/2021).

Sedangkan kelas IP-COS sudah dimulai pada tahun akademik 2020/2021. IP-COS siap dengan pembelajaran daring atau berbasis online. Konsentrasi yang ditawarkan adalah bidang public relations (PR).

Sebelumnya, program studi Ilmu Komunikasi di UMY meraih akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) nomor 2016/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 pada 31 Juli 2018 silam. Hal tersebut membuktikan bahwa Prodi Ilmu Komunikasi UMY mampu bersaing dengan universitas-universitas lain.

Penanggung jawab IP-COS, Dr Yeni Rosilawati SIP SE MM mengatakan bahwa IP-COS UMY memiliki beberapa keunggulan. “Di antaranya kurikulum yang digunakan berbasis kompetensi, staf pengajar yang berkompeten, kesempatan magang di perusahaan multinasional, serta peserta didik berkesempatan mengikuti pertukaran pelajar ke berbagai negara,” kata Yeni.

Sedangkan tujuh kelas internasional lainnya, International Program of International Relations (IPIREL); International Program of Law and Sharia (IPOLS); International Program of Islamic Economics & Finance (IPIEF); International Program of Governmental Studies (IGOV); International Program of Accounting (IPACC); International Program of Management and Business (IMABS); dan International Program of Islamic Communication (IPICOM).

UMY memberikan peluang bagi mahasiswa kelas internasional tersebut untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ke lebih dari 100 universitas mitra UMY di dunia. Mahasiswa akan mengikuti program ini baik selama satu semester ataupun dua semester.

Program pertukaran bisa memperkaya pengalaman akademik mahasiswa dengan bertemu banyak dosen, guru besar dan lingkungan kampus bereputasi di luar negeri. Dengan begitu, mahasiswa akan memperluas cakrawala berfikir dan wawasan global. Terbiasa dengan second language, yakni bahasa Inggris.

Fokus dari IP-COS adalah pada peminatan Hubungan Masyarakat (Public Relations). Program ini menawarkan mahasiswa kesempatan untuk pengembangan bahasa asing dan pengalaman belajar dengan perspektif internasional di bidang Public Relations.

‘’Perkuliahan IP-COS UMY dilaksanakan di gedung baru Sekolah Pascasarjana UMY yang memiliki lingkungan dan fasilitas yang baik seperti audio, LCD, white board dan full-AC,’’ ujar Yeni, Minggu, 18 Juli 2021.

IP-COS UMY telah melakukan kolaborasi internasional dengan Universiti Sains Malaysia (USM), Chulalongkorn University Thailand, Universiti Teknologi Mara (UITM) Selangor Malaysia, dan USIM (Universiti Sains Islam Malaysia) Negeri Sembilan Malaysia. ‘’Kami juga telah melakukan kerjasama dengan Curtin University Australia, Leiden University The Netherlands, dan Asia University Taiwan,’’ kata staf pengajar IP-COS UMY, Taufiqur Rahman SIP MA PhD.

Ilmu Komunikasi UMY memiliki tradisi panjang menawarkan ilmu komunikasi dan media. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi berdiri sejak 1996 dan telah mengalami banyak kemajuan dari tahun ke tahun. UMY diakui sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia dan diakreditasi secara Internasional oleh QS Stars. (*/iwa/ila)

Pendidikan