RADAR JOGJA – Kali pertama, enam mahasiswa Program Studi Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terpilih mewakili Indonesia mengikuti Virtual Clinical Elective. Acara tersebut digelar kampus terbaik dunia peringkat 16 versi QS World 2022, The University of Edinburgh.

Program tersebut merupakan kegiatan exchange students yang diadakan setiap tahun. Dan beralih dilaksanakan secara virtual selama dua minggu pada 12-23 Juli 2021 karena pandemi Covid-19. Sebanyak 24 mahasiswa The University of Eidenburgh terlibat dalam kegiatan ini dan diikuti enam negara lain, yakni Indonesia, Jerman, Slovenia, Thailand, Taiwan, dan Malawi.

Kepala Departemen Keluarga, Komunitas, Gerontik Prodi Profesi Ners UMY, Sutantri PhD, mengatakan program tersebut melakukan kegiatan pairing. Yaitu mahasiswa yang berasal dari University of Eidenburgh dipasangkan dengan mahasiswa universitas tujuan.

“Bentuk kegiatan ini berupa pengenalan budaya antar-negara, juga belajar tentang sistem pelayanan kesehatan antar-negara. Selanjutnya mahasiswa profesi keperawatan juga belajar sesuai dengan peminatannya seperti keperawatan gawat darurat, keperawatan maternitas, medical bedah, serta family nursing. Diakhiri pembagian sertifikat,” kata Sutantri, Jumat (16/7).

Dia mengatakan bahwa program tersebut dapat membuka wacana bagi mahasiswa terkait sistem keperawatan di negara lain. Serta mendapatkan pengalaman serta wawasan serta saling belajar dengan mahasiswa asing terkait studi profesi keperawatan.

“Harapannya, karena program ini kali pertama mahasiswa UMY ikuti, dan setahu saya University of Edinburgh belum pernah menjalin kerjasama dengan universitas manapun di Indonesia. Ini merupakan kesempatan emas UMY mengikuti kegiatan mereka sehingga sebagai awal pembuka untuk menjalin sebuah kerjasama dengan University of Edinburgh baik dari segi ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan UMY, exchange students ataupun kegiatan kolaborasi lainnya,” kata Sutantri. (sce/iwa)

Pendidikan