RADAR JOGJA- Gagal lolos SBMPTN? jangan khawatir, kamu masih bisa melanjutkan ke Universitas Swasta di Indonesia. Tak perlu ragu menempuh pendidikan di kampus swasta, kualitas universitas swasta juga tidak kalah dengan universitas negeri.

Setelah memilih jurusan yang kamu mau, kamu bisa mencari kampus yang menyediakan program studi tersebut.

Banyak sekali universitas swasta di Indonesia yang bisa kamu pilih. Sangking banyaknya mungkin bisa membuat kamu bingung sendiri memilih kampus swasta mana yang paling cocok untuk kamu. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi beberapa perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia:

  1. Universitas Gunadarma (UG)

Salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang bisa kamu pilih adalah Universitas Gunadarma. Kampus yang sudah berdiri sejak 7 Agustus 1981 ini memiliki beberapa fakultas dan banyak program studi. Selain itu, tersedia juga 4 jenjang pendidikan yakni Diploma III(D3), Sarjana(S1), Magister(S2), dan Doktor(S3).

Akreditasi adalah hal penting yang dipertimbangkan calon mahasiswa baru dalam memilih universitas. Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, Universitas Gunadarma menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Hal ini karena Universitas Gunadarma sudah mendapatkan akreditas A, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Universitas Gunadarma sangat serius dalam menunjang pembelajaran mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai, sehingga mendukung pelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Di awal tahun, Universitas Gunadarma berhasil meraih peringkat ke-4 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Webometrics edisi 2021.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Universitas Gunadarma menjadi rekomendasi terbaik untuk melanjutkan kuliah.

2. Telkom University (Tel-U)

Cari kampus yang bagus dan berkualitas? Telkom University mungkin bisa menjadi pilihanmu terutama bagi kamu yang tinggal di Bandung. Telkom University berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013.

Telkom University merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Sebagai universitas yang berkualitas, tentunya Telkom University sudah mengantongi akreditasi A. Selain itu, kampus ini juga berhasil menduduki predikat sangat baik pada pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat untuk periode tahun 2016-2019.

3.Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Ingin kuliah di kampus Islami? Universitas Ahmad Dahlan menjadi rekomendasi yang bagus untuk kamu. Kampus yang sudah berdiri sejak 18 November 1960 ini memiliki motto “Moral and Intellectual Integrity”.

Sesuai dengan mottonya, Universitas Ahmad Dahlan memiliki visi untuk membentuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cakap percaya diri, memajukan dan memperkembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai oleh Allah SWT.

Universitas Ahmad Dahlan telah memperoleh Akreditasi Institusi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tahun 2017. Kampus ini memberikan kualitas layanan dengan didukung oleh kultur atau budaya kota pendidikan Yogyakarta yang kondusif untuk meningkatkan minat belajar para mahasiswanya.

4.Universitas Islam Indonesia (UII)

Selain UAD, Universitas Islam Indonesia juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin kuliah di kampus Islami. Universitas yang sudah berdiri sejak 8 Juli 1945 ini memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah telah terakreditasi Institusi A berdasarkan (BAN-PT).

Universitas Islam Indonesia memberikan pengalaman belajar yang memadukan ilmu pengetahuan dengan pelaksanaan nilai-nilai keIslaman untuk membentuk karakter yang berintegritas, serta didukung dengan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk mengembangkan potensi mahasiswa.

Sebagai kampus Islami, Universitas Islam Indonesia memiliki visi untuk memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), risalah islamiah, di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah, setingkat universitas yang berkualitas di negara-negara maju.

5.Universitas Mercu Buana (UMB)

Berdiri sejak 22 Oktober 1985, Universitas Mercu Buana merupakan sebuah universitas swasta di bawah pembinaan Yayasan Menara Bhakti. Kampus ini bernaung pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (KEMRISTEKDIKTI) Republik Indonesia.

Universitas Mercu Buana telah memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dalam penyelenggaraan seluruh program studinya, Universitas Mercu Buana menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Sistem SKS bisa mendukung kelancaran penyelenggaraan program studi. Selain itu, sistem ini juga dapat memberikan kesempatan yang lebih luas kepada mahasiswa dalam merencanakan, memilih dan melaksanakan studi sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang mereka miliki.

Nah, itulah rekomendasi universitas swasta di Indonesia. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website masing-masing universitas atau datang langsung ke kampus ya! (*/sky)

Pendidikan