RADAR JOGJA – Banyak petani milenial memastikan hadir ambil bagian pada Milenial Indonesian Agropreneur (MIA) Expo yang akan digelar Kementerian Pertanian (Kementan) di Ambarrukmo Plaza, Sleman, Jogjakarta, 12-13 Juni 2021 mendatang.

Satu di antaranya Fatah Ansori. Duta petani milenial asal Magelang yang juga wirausahawan Abita Farm itu akan menggelar Forum Konsultasi Peternakan.

Fatah Ansori sangat antusias menyambut MIA Expo yang diadakan kembali pada tahun ini. “Pada 2019 saya mewakili Abita Farm mengikuti MIA Expo di Botani Square Plaza Bogor. Alhamdulillah kali ini saya kembali mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi, ” ujarnya, Sabtu (5/6/2021).

Pada MIA Expo 2021 Fatah akan hadir bersama dua rekannya, Agil dan Bimo, sebagai konsultan peternakan domba. “Pengunjung expo bisa berinteraksi dan konsultasi langsung tentang peternakan domba dengan kami,” ucap alumnus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) itu.

Fatah mengaku mendapat banyak pengalaman dari sesama petani milenial peserta MIA Expo. Mereka menampilkan berbagai produk dan inovasi program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). “Acara ini dapat menambah wawasan seputar agribisnis dan jejaring bisnis,” katanya.

MIA Expo bertujuan menumbuhkan jutaan wirausaha muda pertanian. Ini adalah perhelatan kali ke dua setelah sukses di 2019.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan, Kementan akan terus berupaya agar milenial yang terlibat di pertanian bisa lebih banyak lagi. “Masa depan pertanian Tanah Air berada di tangan generasi milenial. Untuk itu kami akan dorong agar lebih banyak milenial yang terjun ke pertanian,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menjelaskan, MIA Expo merupakan salah satu agenda dan program yang diusung Kementan untuk melahirkan pengusaha petani milenial. “Program ini beriringan dengan program PWMP, pendidikan vokasi, kostratani, dan YESS,” paparnya.

Menurut Dedi, selain perlu mempelajari teknologi budidaya, petani milenial harus belajar kewirausahaan. Nah, ajang MIA Expo bisa dimanfaatkan milenial untuk memupuk adrenalin kewirausahaan dan meningkatkan sensitivitas bisnis pertanian.

Sementata itu, Direktur Polbangtan YoMa Bambang Sudarmanto menambahkan, selain Fatah ada alumni Polbangtan YoMa lainnya yang akan berpartisipasi dalam MIA Expo 2021. “Mereka akan berbagi pengalaman sukses dalam menekuni usaha pertanian dan peternakan setelah lulus kuliah,” ujarnya.(*/yog)

Pendidikan