RADAR JOGJA – Universitas Proklamasi 45 Jogjakarta pada 29 Mei 2021 menyelenggarakan Wisuda Sarjana Periode Semester Ganjil Tahun Akademik 2020-2021. Wisuda bertempat di Ruang Seminar Universitas Proklamasi 45 Jogjakarta.

Wisuda kali ini berbeda dengan wisuda yang pernah diselenggarakan Universitas Proklamasi 45 Jogjakarta sebelumnya. Dengan dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 maka acara wisuda dilaksanakan secara daring dan luring. Untuk yang luring hadir 1 perwakilan wisudawan dari lulusan terbaik masing-masing prodi. Adapun wisudawan lainnya mengikuti secara luring melalui aplikasi pertemuan virtual dan ditayangkan secara live di Youtube pada chanel up45Jogjakarta.

Selama acara seluruh peserta mematuhi protokol kesehatan secara ketat dengan menggunakan masker dan face shield. Juga dilakukan pengecekan suhu tubuh, cuci tangan sebelum memasuki ruang acara, serta menerapkan jaga jarak. Pada wisuda kali ini Universitas Proklamasi meluluskan sebanyak 89 wisudawan.

Dalam sambutannya Rektor Ir. Bambang Irjanto, MBA menyebutkan bahwa Desita Soviana Putri dari Program Studi Ilmu Administrasi Publik menjadi wisudawan terbaik periode ini dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,94. Selain itu, Rektor juga menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan walaupun dalam masa pandemi yang tentunya menghadirkan banyak tantangan.

Secara mental tentunya para wisudawan telah terbentuk secara kuat untuk dapat beradaptasi dengan tantangan zaman dan kehidupan saat ini yang terkena efek pandemi secara global. Rektor juga menegaskan komitmen Universitas Proklamasi 45 Jogjakarta untuk terus menyelenggarakan pendidikan yang unggul sebagai upaya melahirkan generasi sumber daya manusia yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

”Mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder baik internal maupun eksternal, pemerintah pusat maupun daerah serta LLDIKTI Wilayah V Jogjakarta yang telah memberikan dukungan serta bimbingan bagi Universitas Proklamasi 45 Jogjakarta untuk terus maju,” ujarnya.

Zainullah salah satu lulusan dari Program Studi Hukum sebagai perwakilan wisudawan yang berkesempatan memberikan sambutan memberikan motivasi kepada rekan-rekannya. Dia mengungkapkan ilmu yang telah diperoleh harus dapat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat sebagai tempat kebiasaan, kebudayaan dan kearifan itu berpusat.

”Kelulusan dari Universitas Proklamasi 45 Jogjakarta adalah suatu ikhtiar bersama-sama mempersiapkan cendekia profesional yang siap menjawab tantangan pada setiap disiplin ilmu dan zaman,” tuturnya. (*/ila)

Pendidikan