RADAR JOGJA – Kaprodi Ilmu Pemerintahan (IP) UMY, Muchamad Zaenuri menjelaskan, program studinya saat ini telah mengantongi akreditasi unggul. Tidak puas sampai di situ, pihaknya pun ingin mengejar akreditasi internasional. “AUN QA (Asean University Network Quality Assurance) sedang proses. Ini sebagai batu loncatan untuk akreditasi internasional,” tegasnya.

KEJAR:lmu Pemerintahan UMY Kejar Akreditasi Internasional. (AHMAD SYARIFUDIN/RADAR JOGJA)

Saat ini Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) telah menerapkan regulasi baru. Tidak lagi A, B, C namun terakreditasi unggul, baik sekali, dan baik. “A ke unggul ada prosesnya, tidak otomatis,” jelasnya.

Dengan didapatkannya predikat akreditasi unggul ini, IP UMY semakin terlihat kelayakan penyelenggaraan program-programnya. Regulasi baru ini yang dinilai output dan outcome. Yang lama lebih ke input dan proses,” katanya.

Berbagai upaya pun telah dilakukan untuk mempertahankan predikat tersebut. Pihaknya melakukan berbagai program untuk mendorong publikasi penelitian. Selain itu, prestasi mahasiswa pun terus didukung. “Lulusan bekerja sesuai dengan bidangnya. Yang mempekerjakan merasa puas,” ujarnya.

Saat ini pihaknya sedang proses untuk menjalankan program Kampus Merdeka. Mahasiswa melakukan magang di perusahaan dengan nilai 40 SKS. “Kampus merdeka belum implementasi tapi kami sudah ada. Hanya saja belum ada SKS,” jelasnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Titin Purwaningsih menuturkan, sudah ada 2 prodi yang mendapat akreditasi unggul di antaranya Hubungan Internasional dan Ilmu Pemerintahan. “Akreditasi ini selalu menjadi tantangan untuk ke depan,” jelasnya. (*/asa/sky)

Pendidikan