RADAR JOGJA-  Memantapkan diri sebagai universitas bertaraf internasional. Demikian upaya Pimpinan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk mendorong mahasiswanya mendunia. Sesuai dengan tagline UMY: Muda Mendunia.

Pada 2021 ini, kembali UMY menggelar konferensi yang pesertanya adalah mahasiswa (under graduate) dari seluruh Indonesia. Bertajuk UMY Undergraduate Conference (UMYGrace), acara ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengasah keilmuan yang dituangkan dalam makalah akademis yang mereka susun dan dikirim ke panitia UMYGrace sesuai dengan template yang ditentukan. UMYGrace kedua ini akan digelar pada 15-16 September 2021.

MENDUNIA: Pembukaan 1st UMYGrace di Gedung AR Fachruddin B Lantai 5 Kampus Terpadu UMY pada tahun 2020. (UMY FOR RADAR JOGJA)

Sedangkan tema yang diangkat dalam UMYGrace kedua ini adalah Melibatkan Pemuda dalam Pengembangan Komunitas untuk Memperkuat Kesejahteraan Bangsa. ‘’Kita menyaksikan kebangkitan banyak anak muda berprestasi di seluruh dunia dan Indonesia. Mereka tidak hanya sukses secara individu tetapi juga secara sosial,’’ kata Wakil Rektor UMY Bidang Akademik, Prof Dr Ir Sukamta MT IPM, Jumat (9/4).

Anak muda, kata pria kelahiran Klaten Jawa Tengah itu, berhasil meningkatkan keterlibatan lingkungan mereka dan mencapai kesuksesan bersama orang lain. ‘’Negara ini tidak akan maju tanpa keterlibatan anak muda (mahasiswa). UMYGrace ini sebagai sumbangsih UMY untuk membangun Indonesia melalui anak muda dengan sarana konferensi internasional ini (UMYGrace),’’ ujar Sukamta.

Ide dan gagasan anak muda diperlukan untuk memberikan daya dorong untuk maju bagi pembangunan di negara ini. UMY sebagai institusi akademis ternama di Indonesia sudah sewajarnya ikut memberikan kontribusi anak muda melalui UMYGrace.

Koordinator UMYGrace, Dr. Yeni Rosilawati SIP SE MM mengatakan, dengan mendorong anak muda, banyak hal bakal muncul dari pemikiran mahasiswa yang masih fresh tersebut. ‘’GoJek adalah contoh sebagai startup transportasi yang digagas anak muda. Kini menjadi gurita raksasa dari banyak cabang bisnis. Memang tepat pepatah yang menyebutkan bahwa pemuda adalah pemimpin masa depan,” tegas Yeni.

Anak muda sangat piawai untuk pemberdayaan masyarakat sehingga bisa memperkuat bangsa dan bakal semakin disegani negara lain. UMYGrace merupakan wadah karya ilmiah bagi generasi muda. Digelar kali pertama pada 2020.

Semangat UMYGrace, memperluas wawasan serta networking di antara anak muda (mahasiswa). UMYGrace kembali mengajak generasi muda berjuang untuk yang terbaik dari apa yang mereka mereka miliki. Makalah akademis mereka bakal ikut memajukan bangsa ini. ‘’Sudah saatnya ikut dalam acara yang khusus bagi anak muda (mahasiswa) ini,’’ papar Yeni. Informasi lebih lanjut, buka laman https://grace.umy.ac.id/2021/. (*/iwa/sky)

Pendidikan