RADAR JOGJa – Program studi yang unggul di perguruan tinggi harus menyediakan fasilitas belajar yang mendukung untuk menghasilkan lulusan kelas dunia. Demikian yang dilakukan International Program of Communication Studies (IP-COS) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Bermacam fasilitas mumpuni disediakan untuk mahasiswanya.

Fasilitas yang disediakan mendukung proses belajar mengajar diantaranya, studio TV (UMY TV), studio radio (Radio IKOM), studio pengeditan (audio visual dan grafik). Ada pula laboratorium komputer pusat komputer (Puskom), komputer grafis, studio fotografi, ruang multimedia, ruang negosiasi, akses internet gratis (area hotspot dan komputer), perpustakaan milik jurusan yang nyaman dengan koleksi lengkap dan perpustakaan digital, E-learning, klinik umum dan gigi, pusat pelatihan bahasa, pusat komputer (Puskom), American Corner, Sportorium, masjid, bank, dan ATM Center.

‘’IP-COS UMY memberikan fasilitas terbaik bagi mahasiswanya untuk mendapatkan eksposur internasional. Perkuliahan dilaksanakan di gedung baru Sekolah Pascasarjana UMY yang memiliki lingkungan dan fasilitas yang baik seperti audio, LCD, white board dan full-AC,’’ ujar Sekretaris Prodi IP-COS, Jurusan Ilmu Komunikasi UMY, Dr Yeni Rosilawati SIP MM.

Sedangkan staf pengajar IP-COS UMY, Taufiqur Rahman SIP MA PhD mengatakan IP-COS UMY telah melakukan kolaborasi internasional dengan perguruan tinggi kelas dunia di antaranya Universiti Sains Malaysia (USM), Chulalongkorn University Thailand, Universiti Teknologi Mara (UITM) Selangor Malaysia, USIM (Universiti Sains Islam Malaysia) Negeri Sembilan Malaysia, Curtin University Australia, Leiden University The Netherlands, dan Asia University Taiwan.

Pengajar yang terlibat dalam IP-COS telah terbukti menyelesaikan pendidikan komunikasi paripurna. Di antaranya, Dr Muria Endah Sokowati SIP MSi, Dr Tri Hastuti Nur Rochimah SSos MSi, Dr Filosa Gita Sukmono SIkom MA, Dr Adhianty Nurjanah SSos MSi, dan Dr Suciati SSos MSi.

IP-COS UMY dirancang untuk memberikan pendidikan dan pengajaran di bidang Ilmu Komunikasi dan reputasi yang diakui di tingkat ASEAN. Melakukan penelitian dasar dan terapan dengan perspektif multikultural. Menyediakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berwawasan multikultural yang berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan bangsa. Menghasilkan lulusan bidang Ilmu Komunikasi yang berlandaskan nilai dan karakter keislaman

Kelas di IP-COS UMY dilakukan dalam bahasa Inggris. Mahasiswa bisa merasakan interaksi antar-budaya, berkesempatan untuk bergabung dengan program pertukaran pelajar, serta duduk di kelas dengan Visiting Professor dari universitas lain di seluruh dunia. Kurikulum disusun sesuai dengan standar kurikulum perguruan tinggi terbaru yang mendukung program merdeka belajar kampus merdeka.

Fokus dari IP-COS saat ini adalah pada peminatan Hubungan Masyarakat (Public Relations). Program ini menawarkan mahasiswa kesempatan untuk pengembangan bahasa asing dan pengalaman belajar dengan perspektif internasional di bidang Public Relations.

Ilmu Komunikasi UMY memiliki tradisi panjang menawarkan ilmu komunikasi dan media. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi berdiri sejak 1996 dan telah mengalami banyak kemajuan dari tahun ke tahun. UMY diakui sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia dan diakreditasi secara Internasional oleh QS Stars. (*/iwa/ila)

Pendidikan