RADAR JOGJA – Setahun setelah peluncuran, International Program of Communication Studies (IP-COS) UMY semakin aktif mengembangkan kerja sama internasional. Langkah ini untuk mendukung visi internasionalisasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Sekretaris Prodi IP-COS Dr Yeni Rosilawati SIP SE MM mengatakan, IP-COS mengadakan kegiatan berupa visiting lecture. Bekerja sama dengan beberapa universitas mitra dari luar negeri. Yakni, Xiamen University Malaysia; Universiti Sains Malaysia (USM); Sunway University Malaysia; dan NUML (National Modern of Languages), Islamabad, Pakistan.

Selain itu, IP-COS UMY juga mengadakan penelitian kolaborasi yang dilakukan dosen-dosen. Visiting lecture selain melaksanakan kegiatan kuliah umum yang wajib diikuti oleh mahasiswa IP-COS, dosen-dosen tamu dari luar negeri juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan dosen-dosen IP-COS UMY. Tentang kurikulum dan riset yang dilaksanakan. Beberapa dosen yang melaksanakan penelitian kolaborasi Internasional antara lain adalah Dr Yeni Rosilawati SIP SE MM, Dr Taufiqurrahman MA, Dr Filosa Gita Sukmono, serta Dr Muria Endah Sokowati.

Adapun dosen-dosen tamu dari luar negeri yang melaksanakan kuliah umum di IP-COS adalah Dr Changsong Wang (Xiamen University), Dr Zain Rafique (NUML Islamabad, Pakistan), Dr Reevany Bustami (University Sains Malaysia), serta Dr Adrian Lee (Sunway University, Malaysia). Dan juga beberapa dosen tamu yang merupakan praktisi komunikasi.

Selain itu, untuk mendukung sarana pembelajaran di masa pandemi, UMY menyediakan fasilitas Myklass. Yaitu sistem pembelajaran online yang mendukung agar mahasiswa meskipun berada di luar kampus tetap dapat mengakses materi perkuliahan dengan baik. UMY juga memberikan fasilitas kuota internet bagi mahasiwa dan dosen untuk mendukung sistem pembelajaran online.

IP-COS menawarkan konsentrasi bidang public relations (PR). Program ini merupakan program internasional yang diluncurkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UMY untuk mendukung visi internasionalisasi UMY. Sebelumnya, Prodi Ilmu Komunikasi UMY meraih akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) dengan nomor 2016/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 pada 31 Juli 2018.

Sebagai penanggung jawab IP-COS UMY, Yeni mengatakan, program internasional tersebut memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya kurikulum berbasis kompetensi, staf pengajar berkompeten, kesempatan magang di perusahaan multinasional, serta peserta didik berkesempatan mengikuti pertukaran pelajar ke berbagai negara.

Calon peserta didik baru di IP-COS dapat mendaftar program internasional (IP-COS) ini melalui berbagai jalur prestasi seperti Penerimaan Berdasar Nilai Ujian Akhir Nasional (PNUAN), Penerimaan Siswa Prestasi (PSB), serta jalur tes reguler seperti Paper Based Test (PBT) atau Computer Based Test (CBT). Jalur pendaftaran ini telah disediakan oleh UMY pada tahun akademik baru. (*/iwa)

Pendidikan