RADAR JOGJA – Tim Pengabdian Masyarakat (AbdiMas) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar pelatihan untuk pelaku UMKM. Pelatihan dilakukan di desa Gilingharjo dan Ringinharjo pada Minggu (28/2) lalu. Salah satu penekanan utamanya agar pelaku UMKM dapat memperluas pasar dengan memanfaatkan marketplace yang sudah ada.

“Intinya kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan perekonomian dan menyebarkan produk UMKM secara luas,” jelas Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Muhammad Eko Atmojo saat ditemui di sela kegiatan.

(TIM PENGABDIAN MASYARAKAT FOR RADAR JOGJA)

Eko menjelaskan, salah satu cara yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan sampai pengoprasionalan akun marketplace. “Pelaku UMKM diajari bagaimana caranya membuat akun marketplace seperti shopee, tokopedia, media sosial dan lainnya sampai bisa mengoperasikan akun tersebut,” jelasnya.

Harapannya dengan adanya akun marketplace dan media sosial, maka produk UMKM bisa dipasarkan lebih luas. Tidak hanya di lingkungan Bantul saja, tapi juga nasional. Tidak hanya itu, pelaku UMKM juga dilatih untuk memotret produk agar menarik.

“Sehingga produk-produk yang ditampilkan dalam media sosial maupun marketplace menjadi bagus dan menjadi daya tarik bagi orang yang melihat,” ujarnya.

(TIM PENGABDIAN MASYARAKAT FOR RADAR JOGJA)

Kali ini, pelatihan menghadirkan narasumber Erwan Sudiwijaya yang juga merupakan Dosen Ilmu Komunikasi UMY. Erwan ditunjuk karena telah berpengalaman di bidang pengembangan produk/branding.

Adapun tim yang menjalankan Catur Dharma Perguruan Tinggi ini terdiri dari empat orang. Dua dari unsur dosen dan dua lagi dari unsur mahasiswa. (*/asa/ila)

Pendidikan