RADAR JOGJA – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar Wisuda Periode II Tahun Akademik 2020/2021 pada Sabtu (27/2). Acara ini diselenggarkan secara daring melalui kanal Youtube UAJY.

UAJY mewisuda 494 sarjana dengan rincian 445 sarjana strata satu dan 49 sarjana strata dua (magister). Jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude sebanyak 110 orang. Sampai dengan wisuda kali ini UAJY telah meluluskan sebanyak 48.439 sarjana dengan rincian 45.952 sarjana strata satu dan 2.487 sarjana strata dua (magister).

Seperti diketahui bersama pandemi Covid-19 masih merebak di Indonesia, ini menyebabkan wisuda kali ini masih berlangsung secara daring. Khusus untuk seremonial, terdapat 14 orang wisudawan yang datang ke kampus untuk mewakili wisudawan tiap program studi dan satu orang mewakili program pascasarjana.

Dalam wisuda tersebut, Bimo Susetyo dari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik terpilih menjadi wakil wisudawan untuk memberikan sambutan. Bimo lulus Sarjana Arsitektur dengan predikat cumlaude dengan meraih IPK 3,64.

PERWAKILAN: Bimo Susetyo dari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik terpilih menjadi wakil wisudawan untuk memberikan sambutan. (UAJY FOR RADAR JOGJA)

Selama menempuh kuliah di UAJY, Bimo termasuk mahasiswa berprestasi yang aktif mengikuti kompetisi dan mendapatkan penghargaan, di antaranya meraih Juara 2 Lomba Desain Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana Bali pada tahun 2019. Selain itu, Bimo juga berhasil meraih Juara I (Grand Prize) dalam Asian Cooperative Program (ACP) International Field Study yang diselenggarakan oleh Kansai University of International Studies pada tahun 2020.

Menurut Bimo, meskipun cukup sulit menyelesaikan Tugas Akhir di masa pandemi ini. Selama melakukan penelitian dia pun didukung dengan fasilitas yang sangat lengkap. ”Mengutip kalimat yang dikatakan Bill Gates, tetaplah menjadi jiwa yang lapar. Lapar dalam hal ini adalah menjadi seseorang yang terus mencari ilmu dan haus akan hal baru. Mari bersama-sama menjadi orang yang bermanfaat demi masyarakat, mengharumkan nama Universitas ini,” ungkap Bimo.

Rektor UAJY Prof Ir Yoyong Arfiadi, M.Eng, PhD dalam sambutannya mengatakan walaupun wisuda periode kali ini masih dilaksanakan secara daring, tidak mengurangi kebahagiaan para wisudawan/wisudawati.

”Perlu kita ketahui Pemerintah Indonesia mulai melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang khusus diberikan dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit,” papar Yoyong.

Menurut Yoyong vaksinasi diperlukan untuk mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19. Tujuannya agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Vaksinasi Covid-19 adalah bagian penting dari upaya penanganan pandemi secara menyeluruh dan terpadu.

”Pandemi merupakan situasi yang membuat kita lebih peduli pada diri kita dan orang lain. Pentingnya saling menguatkan di masa sulit ini. Mari bersama-sama tetap semangat dan terus berkarya bagi diri sendiri dan masyarakat. Gunakanlah kesempatan ini untuk lebih aktif, produktif, kreatif dan inovatif dalam menggapai cita-cita setinggi-tingginya,” tutup Yoyong mengakhiri sambutan. (*/ila)

Pendidikan