RADAR JOGJA – Berasal dari kata Usefull dan Bag, UBag mempunyai tiga fungsi. Bisa digunakan sebagai tas jinjing, punggung, dan slempang di berbagai kondisi. Menambahkan kata arkais dan motif batik nusantara pada tas. UBag jadi media literasi masyarakat.

SEVTIA EKA NOVARITA, Sleman, Radar Jogja

Tas yang bisa dibolak-balik menjadi tiga model dibuat oleh sekelompok mahasiswa UNY. Mereka adalah Fitri Nurjaya Kusumayanti, Khunafa Khoiriyah dan Desy Yastiningsih prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Serta Listyowati prodi Pendidikan Akuntansi.

UBag bagi mereka memberikan edukasi karena memuat kata arkais dan batik nusantara. Arkais didefinisikan sebagai bahasa yang digunakan karena adanya unsur-unsur dari zaman lampau. Biasanya, digunakan dalam karya sastra seperti puisi, hikayat, cerpen, dan cerita rakyat. Kata arkais dapat dipertahankan dengan cara sering menggunakannya di dalam proses bertutur, pembelajaran, penelitian, maupun menurunkannya kepada generasi muda. “Melalui nasihat ataupun kata-kata mengandung hikmah yang memuat kosakata arkais,” beber Fitri beberapa waktu lalu.

Khunafa menambahkan, generasi muda zaman sekarang kurang mengenal kata arkais karena dianggap kuno, tidak penting, dan tidak prestise. Begitu juga dengan batik yang mulai jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Melalui produk tas, upaya penyelamatan dan perlindungan kosakata arkais dan batik nusantara dilakhkan agar tetap terjaga kelestariannya. “Diberi perhatian khusus agar tidak hilang. Pengetahuan kosakata arkais dan batik nusantara dapat diperoleh melalui sebuah produk tas,” lanjutnya.

Tas 3 in 1, kata Listyowati, berbahan utama kain jeans. Bisa digunakan sebagai tas punggung yang anti air, bahan pembuatan tas juga menggunakan kain parasut. Kata arkais yang sudah didesain, siap disablon pada kain tas. Tidak lupa, mebambahkan motif batik di bagkan bawah kata arkais.

Selain bisa digunakan saat hujan, tas UBag bisa dijadikan tas jinjing. Dapat dipakai berulang kali, sehingga mengurangi pemakaian plastik. “Serra memakai tas yang lebih mini dan simpel, tas UBag bisa digunakan sebagai sling bag,” ungkapnya.(pra)

Pendidikan