RADAR JOGJA – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan Nawa Data Solutions menggelar webinar dan campus hiring online bertajuk “Strategi Sukses Lolos Interview dan Psikotes”. Acara ini diadakan pada Kamis (11/2). Webinar dilaksanakan khusus bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni.

Narasumber yang dihadirkan adalah Reynold Vincentius S.A.P yang berkarir sebagai Human Capital Specialist di PT Nawa Data Solutions dan Softskill Trainer BNSP Certified. Reynold menjelaskan mengenai kiat-kiat strategis dalam menghadapi permasalahan sulitnya mencari pekerjaan saat ini. Dimulai dengan strategi pembuatan CV yang baik dan benar, tips-tips yang perlu diperhatikan ketika mengikuti interview perusahaan dan pelaksanaan psikotest.

Saat ini banyak fresh graduate yang sering melupakan kaidah penting dalam pembuatan CV seperti desain layout, foto, dan deskripsi pengalaman kerja. ”Tiap perusahaan membutuhkan kebutuhannya sendiri, maka dari itu perlu membuat CV yang link and match dengan masing-masing perusahaan tersebut,” ungkap Reynold.

Begitu pula dengan pelaksanaan interview, kerap kali pelamar melupakan aspek-aspek penting seperti cara duduk, tatapan mata, maupun cara menjawab. Faktor-faktor ini yang menyebabkan gagalnya pelamar dalam sebuah proses recruitment kerja sebuah perusahaan.

Webinar “Strategi Sukses Lolos Interview dan Psikotest” bertujuan mempersiapkan baik mahasiswa maupun alumni UAJY dalam mempersiapkan diri dalam melamar pekerjaan. Proses ini dimulai dari pembuatan CV yang baik dan benar hingga lolos interview dan psikotest.

Reynold juga berpesan kepada fresh graduate untuk jangan menyerah dalam menghadapi sulitnya persaingan kerja. ”Selalu berpikir positif dan bersyukur dengan proses yang telah dilalui, memegang motivasi penuh terhadap mimpi dan cita-cita dan terus optimistis menjadi kunci utama,” tutup Reynold. (*/ila)

Pendidikan