RADAR JOGJA – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Berbasis IT Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar pelatihan UMKM secara online Jumat (29/1) lalu. Peserta merupakan mitra KKN di wilayah Desa Gilangharjo dan Ringinharjo, Bantul.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN IT Kelompok 173 dan 174 Muhammad Eko Atmojo mengatakan, adapun tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengelola UMKM serta meningkatkan produk UMKM supaya dapat bersaing di tingkat nasional.

“Sehingga produk UMKM di Desa Gilangharjo dan Ringinharjo Kabupaten Bantul ini bisa dipasarkan secara luas melalui media online,” ujarnya.

Pelatihan yang berfokus pada branding dan packaging produk UMKM ini dilaksanakan secara virtual. Adapun pembicara adalah Erwan Sudiwijaya, Dosen Ilmu Komunikasi UMY.

Eko berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat terutama bagi UMKM yang sudah siap branding dan packaging.

“Sehingga produknya bisa bersaing di level nasional melalui media online,” katanya.

Sementara itu, selaku salah satu pelaku UMKM Baryati sangat mengapresiasi pelatihan ini. Dirinya mengaku sangat senang. Adanya pelatihan seperti ini bisa mengetahui dan menambah pengetahuan serta pengalaman. Mengingat kondisi saat ini masih Pandemi Covid-19.

Sehingga pelatihan dan pengaplikasian secara online sangat dibutuhkan pengusaha kecil untuk dapat bersaing secara online. (*/asa/sky)

Pendidikan