RADAR JOGJA – Potekkes Kemenkes Yogyakarta (Polkesyo) pada Jumat (29/1) melaksanakan wisuda sebanyak 195 orang. Sebanyak 15 di antaranya dilakukan secara offline sebagai perwakilan di Auditorium Grha Bina Husada. Pelaksanaan wisuda dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan selebihnya dilakukan secara online.

”Jumlah wisudawan Porgram Studi Diploma tiga dan Sarjana Terapan yang diwisuda sebanyak 195 orang yang terdiri dari Program Diploma tiga sejumlah 3 orang, Sarjana Terapan sejumlah 105 orang dan Pendidikan Profesi sejumlah 87 orang,” jelas Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Joko Susilo.

Pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan kualifikasi tenaga kesehatan dan pemerataan distribusi tenaga kesehatan di daerah-daera. Salah satunya melalui program kerja sama dengan pemda dan pemerintah pusat. Selain itu, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan rumah sakit dan organisasi profesi. Hal ini dilakukan meningkatkan profesionalisme dan pendayagunaan lulusan.

Dia bersyukur pada periode tahun ajaran 2020/2021 hampir seluruhnya lulus tepat waktu. ”Presentase lulusan tepat waktu untuk mahasiswa Program Diploma sebesar 96,5 persen. Sedangkan program pendidikan profesi sebesar 100 persen,” jelasnya.

Selama pandemi pihaknya mematuhi aturan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Kampus ini melakukan pembelajaran secara online dengan mengembangkan inovasi e-learning, yakni dengan menggunakan Pe’Peling (Pembelajaran Polkesyo E-Learning). Ada pula inovasi lain berupa Pendidikan Antar Profesi (Inter Professional Education/IPE) yang diterapkan sejak semester 1. (*/asa/ila)

Pendidikan