RADAR JOGJA- Pendidikan di era digital dengan pendidikan di era non-digital pastinya punya banyak perbedaan. Di era non-digital, akses pendidikan tidaklah semudah di era digital seperti sekarang ini. Untuk bisa mengakses informasi pendidikan, butuh sedikit lebih banyak effort, sedangkan mengakses informasi pendidikan di era digital, bisa kamu lakukan dengan mudah dengan bantuan internet dan smartphone.

Dengan adanya dua tools tersebut, bebas mengakses website maupun platform apapun yang mendukung proses belajar. Salah satu website pendidikan yang bisa diandalkan  adalah tambahpinter.com. Tetapi, perlu diketahui juga kalau tidak semua website pendidikan menyuguhkan informasi yang seratus persen valid dan sarat akan referensi seperti di tambahpinter.com.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan domain yang dipakai oleh website tersebut.Domain adalah semacam alamat yang juga menjadi identitas penting untuk menunjukkan kualitas website atau blog.

Website-website yang terpercaya cenderung menggunakan domain TLD atau Top-Level Domain. Beberapa contoh dari Top-Level Domain ini diantaranya adalah .com, .org, .net, .info, dan .edu. Kemudian, sebisa mungkin untuk referensi pendidikan, hindari memilih website atau blog dengan domain yang gratis seperti wordpress atau blogspot.

Hal ini dikarenakan rata-rata informasi yang ditampilkan bisa saja kurang bisa dipercaya. Selain itu, jika pemilik website serius ingin menyuguhkan informasi pendidikan yang bisa dipercaya, maka pemilik website tersebut akan secara serius pula memilih menggunakan domain yang tidak gratisan.

Website pendidikan yang bagus akan menyajikan informasi mengenai berbagai bidang, namun tetap fokus dan memberikan informasi seakurat dan selengkap mungkin di setiap bidangnya.

Di tambahpinter.com, informasi yang diberikan juga bukan hanya terbatas untuk informasi pendidikan saja. Bahkan, ada pula informasi mengenai pekerjaan mulai dari bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan hingga contoh surat lamaran pekerjaan yang benar.

Kualitas tulisan juga menentukan apakah website tersebut berkualitas atau tidak. Tulisan yang berkualitas dapat terlihat dari ketepatan teknik penulisan, bahasa yang digunakan oleh si penulis, serta seberapa jelas informasi yang dijelaskan oleh penulis.

Tidak jarang, informasi yang ditulis dalam sebuah website memang kurang bisa dipercaya karena asal comot dari sumber-sumber yang tidak bisa dipercaya juga. Untuk website pendidikan, penting sekali untuk mencantumkan sumber-sumber yang digunakan dalam menulis materi pelajaran maupun informasi penting lainnya.

Selain kualitas tulisan dan referensi yang dicantumkan, profil penulis terkadang juga bisa kamu jadikan pertimbangan. Website-website pendidikan yang terpercaya biasanya akan memilih penulis yang punya background pendidikan yang sesuai dengan materi yang ditulis. Apabila suatu website tidak mencantumkan nama (anonim) dan latar belakang penulis, bisa jadi informasi yang disampaikan pun kurang meyakinkan karena tidak diketahui jelas siapa dibalik tulisan tersebut.

Era digital memang memberikan kemudahan yang sangat nyaman untuk mengakses pendidikan. Tetapi, kemudahan yang ada haruslah membuat kamu lebih waspada lagi terutama dalam memilih referensi bacaan supaya kamu tidak salah dalam mendapat informasi. Tips-tips di atas bisa kamu coba supaya lebih pintar dalam memilih referensi bacaan dan akan membuat kamu tambah pinter pastinya. (*/sky)

Pendidikan