RADAR JOGJA –  Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar Wisuda Periode I Tahun Akademik 2020/2021 pada Sabtu (28/11) yang diselenggarkan secara daring melalui kanal Youtube UAJY. Diwisuda 527 sarjana dengan rincian 506 sarjana strata satu dan 21 sarjana strata dua (magister).

Jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude sebanyak 93 orang. Sampai dengan wisuda kali ini UAJY telah meluluskan sebanyak 47.975 sarjana dengan rincian 45.507 sarjana strata satu dan 2.438 sarjana strata dua (magister).  Karena masih pandemi Covid-19, wisuda kali ini masih berlangsung secara daring dengan 13 orang wisudawan yang datang ke kampus untuk mewakili wisudawan tiap program studi dan satu orang mewakili program pascasarjana.

Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan, walaupun wisuda periode kali ini masih dilaksanakan secara daring, dan hanya sebagian kecil yang hadir di tempat upacara sesuai dengan protokol kesehatan yang harus diikuti, tidak mengurangi kebahagiaan para wisudawan/wisudawati dan orang tua/wali serta orang-orang terkasih.

Menurut dia, pandemi ini tidak menyurutkan para pelaku bisnis untuk terus mengembangkan teknologi di era digital dengan semakin cepat dari hari ke hari, bulan ke bulan hingga tahun ke tahun ke depan. Fenomena ini ditunjukkan dengan lahirnya berbagai produk-produk berbasis teknologi. “Jika selama ini diramaikan dengan teknologi Artifical Intelligence yang mendukung manusia dalam banyak aktivitas, beberapa waktu ini juga terdapat teknologi yang cukup fenomenal di bidang geospasial, yakni teknologi LiDAR (Light Detection and Ranging),” papar Yoyong.

Konsep dibalik LiDAR sebenarnya sudah ada sejak 1960-an. Cara kerja LiDAR mirip dengan teknologi pengenal wajah Face ID, tetapi dalam jangkauan yang lebih luas. Tak hanya itu, LiDAR juga bisa digunakan untuk mengambil foto tiga dimensi. Hal ini membuktikan peluang bisnis dari aspek teknologi semakin besar, dan bahkan mampu menembus ruang, waktu dan kondisi, sehingga mendorong masyarakat untuk tetap inovatif dan produktif dalam segala kondisi. (*/pra)

 

Pendidikan