RADAR JOGJA- Era digital, masayarakat sangat bergantung pada website dan media sosial. Melalui hal ini, masayarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Melihat itu  Asosiasi  Media Siber Indonesia (AMSI) DIJ Kamis, (26/11) mengadakan webinar, ‘Bikin  Tranding Websitemu lewat Konten Lokal’.

Dalam Webinar yang diadakan secara daring ini menghadirkan pengiat media yang berasal dari anggota AMSI DIJ, yakni Pemred Tribun Jogja Ribut Rahajo dan Pemred Suara.com Suwarjono. Pimpinan Redaksi Tribun jogja Ribut Raharjo mengatakan rumus untuk agar website menjadi trending adalah website tersebut harus jadi berbeda, menjadi pusat perhatian namun tetap relevan. informasi yang digunakan juga dapat berupa informasi yang ada disekitar kita.

“Dadang kita kalah cepat dari social media, bahkan ada media yang menggunakan status di social media sebagai beritanya. Yang seperti itu harus ada verifikasi.  Social Media yang ada dapat menjadi pijakan untuk membuat berita,  tambahnya.’’

Dia juga menjelaskan saat ini yang paling penting adalah bagaimana cara mendistribusikan berita yang ada. Selain membuat berita yang penting, menarik dan unik perlu juga diingat agar berita tersebut dapat didistribusikan dengan baik.

Sementara itu Pimpinan Redaksi suara.com suwarjono mengatakan pertumbuhan penggunaan internet di indonesia cukup tinggi dan social media yang paling banyak digunakan saat ini adalah facebook. selain itu, menurutnya saat ini dominasi media tidak sebesar sebelumnya sehingga memiliki konten saja tidak cukup, perlu juga distribusi yang baik dan adanya kolaborasi dengan media lain.

“Konten yang kita miliki sendiri tidak cukup. Yang dikejar sekarang adalah bagaimana kita berkolaborasi. karena ini tidak mungkin kita kerjakan sendiri. Musuh kita adalah platform global, media luar yang hanya mengandalkan teknologi bukan konten tapi mereka yang mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. media indonesia pemilik konten,  tapi yang untung pemilik platform,” katanya.

ia juga menambahkan penting untuk membuat berita yang penting, namun berita yang unik dan menarik dapat menaikan traffic sehingga berita tersebut dapat menjadi trending. disamping itu, penting pula untuk membangun konten yang abadi.

“Contohnya jogja kota pendidikan wisata dan budaya, kita bikin konten tempat instragamable di jogja. berita yang dicari terus-menerus sama orang,” ujarnya. (om1 /sky)

Pendidikan