RADAR JOGJA – Dalam rangka Dies Natalis ke-62, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menyelenggarakan Konferensi Internasional Ketiga, tentang Ilmu Bumi, Mineral, dan Energi atau International Conference on Earth Science, Mineral, and Energy (ICEMINE) 2020, Rabu (25/11/2020) melalui aplikasi zoom cloud meeting.

Konferensi ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPNVY dengan Dekan Dr. Sutarto dan Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Barlian Dwinagara yang bekerjasama dengan The Mineral and Energy Study Center (PSME), Universitas Trisakti, Forum Komunikasi Program Studi Teknik Pertambangan Se-Indonesia (FORKOPINDO), Cina University of Mining and Technology (CUMT) dan Xi’an University of Science and Technology (XUST).

ICEMINE 2020 kali ini mengambil tema utama “Tantangan dan Peluang Eksplorasi, Eksploitasi, dan Ekstraksi Mineral dan Energi untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.”

Rektor UPNVY Dr Mohamad Irhas Effendi MSi dalam sambutannya menyampaikan harapannya bahwa pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi kita untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

“Saya berharap konferensi ini menjadi kesempatan besar bagi kita untuk berbagi pengetahuan dan aspirasi dan menambah jaringan penelitian dan kolaborasi diantara kita,” ujar Irhas Effendi.

Peserta internasional conference ini cukup banyak, yakni ada 125 penulis yang terdaftar, tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa negara, diantaranya dari MG Hill Unviersity Canada, China University of Mining and Technology, Universitas Trisakti, National Cheng Kung University Taiwan, PT. Eksplorasi Nusa Jaya, Xi’an University Science and Technology, Institut Teknologi Bandung, PLN, UI, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanudin, Lapan, dan Universitas Akita.

Ketua Panitia ICEMINE Dr Tedy Agung Cahyadi S.T., M.T., IPM menjelaskan, yang melatar belakangi kegiatan ini adalah dari fakultas ingin memfasilitasi terutama kepada dosen UPNVY, untuk menulis publikasi ilmiah yang basisnya internasional konferensi, yang nanti muaranya adalah Prosiding,” ungkap Tedy Cahyadi.

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk menampung karya dosen dan peneliti. untuk dipublikasikan secara internasional dan diindeks oleh Scopus. Serta untuk memfasilitasi pembicaraan yang terbuka dan konstruktif antara peneliti dan praktisi terutama berdasarkan karya studi dan review realistis yang menumbuhkan pengetahuan yang lebih baik. Sub tema yang diangkat dari acara ini ialah: 1. Manajemen bencana dan isu lingkungan 2. Geologi 3. Geofisika, Geomatika dan Geokimia 4. Pertambangan dan Metalurgi 5. Perminyakan dan Geothermal.

Tedy Cahyadi mengatakan, dengan adanya kegiatan ini dari tahun 2018 sampai 2020, statistik dari publikasi ilmiah cukup meningkat pesat untuk konferensi internasional.

“Untuk tahun ini kami agak sedikit berbeda, selain juga akan dipublikasikan di Prosiding Scopus, tahun ini kita akan mencoba memilih paper yang terbaik untuk dilanjutkan ke jurnal internasional terakreditasi,” Imbuh Tedy Cahyadi.

Sebagai penutup, Tedy Cahyadi menyampaikan harapannya, dengan adanya ICEMINE ini, yang jelas kami memiliki mimpi yang cukup tinggi terutama untuk meningkatkan rating publikasi ilmiah internasional bagi UPNVY.

“Karena dengan adanya kegiatan ini secara tidak langsung ini juga menumbuh kembangkan menulis ilmiah dalam publikasi internasional dan kedepan kami memiliki keyakinan dengan mengadakan even-even ini secara rutin, akan mendorong iklim menulis kepada dosen termasuk juga kepada mahasiswa. Baik itu mahasiswa Progam Sarjana, Magister, maupun Doktor. Karena kebetulan kita dari UPN ada progam Doktor dibidang Geologi,” ungkapnya. (sce/mg3/bah/hep/ila)

Pendidikan