RADAR JOGJA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Daerah Istimewa Jogjakarta menggelar pelatihan Cek Fakta, Senin (9/11) hingga Rabu (11/11). Pelatihan ini didukung oleh AMSI Pusat, dan Google News Initiative (GNI).

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan pelatihan cek fakta penting karena beberapa alasan di antaranya untuk memberantas hoaks. Tren selama ini, hoaks sering kali menumpang saat ada peristiwa besar. Indonesia saat ini sedang berada dalam dua peristiwa besar yaitu pandemi Covid-19 dan Pemilihan Kepala Daerah 2020. Hoaks seputar dua peristiwa ini lumayan besar dan menganggu kenyamanan, serta keadaban publik.

Pelatihan ini dibutuhkan agar bisa menjadi bekal bagi para jurnalis untuk menghadirkan informasi yang akurat bagi publik di tengah maraknya informasi yang tidak benar atau hoaks khususnya di media sosial. Dengan berita-berita yang akurat maka publik akan mendapatkan konten yang sehat.

”Dengan pelatihan ini, para jurnalis yang ikut dalam pelatihan bisa menguji kebenaran atau melakukan verifikasi apakah berita atau informasi yang diterima tersebut benar atau hoaks. Sebab, hoaks akan menyesatkan masyarakat,” jelasnya.

Program Cek Fakta ini merupakan lanjutan kegiatan yang telah dilaksanakan pada Pemilihan Presiden 2019 lalu. Program Cek Fakta 2020 dilakukan oleh 16 AMSI wilayah di berbagai daerah di Indonesia.

Ketua AMSI Wilayah Jogjakarta Anton W Prihartomo mengatakan, pelatihan Cek Fakta ini selain untuk membekali kemampuan jurnalis maupun editor dalam melakukan verifikasi informasi, juga ikuti oleh mahasiswa khususnya yang aktif di pers kampus. Dengan demikian, aktivis pers kampus bisa memahami cara kerja penyajian berita yang benar.

Setelah mengikuti pelatihan, peserta juga akan mempraktikkan Cek Fakta ini di dalam debat calon bupati dan calon wakil bupati di Pilkada Sleman. Dalam Pilkada Sleman akan diikuti tiga pasangan dan debat akan dilaksanakan Kamis malam (12/11). Tim Cek Fakta AMSI Jogjakarta juga akan melakukan pemantauan saat hari pemungutan suara Pilkada 2020, pada 9 Desember 2020. (ila)

Pendidikan