RADAR JOGJA – YouSure Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mengadakan gelaran Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) yang ke-5. Sebanyak 24 tim sociopreneur muda lolos dalam tahap seleksi proposal.

Direktur Youth Studies Center (YouSure) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM Najib Azca menjelaskan, 24 tim tersebut terdiri dari 12 kategori kick-off yakni usaha di bawah 1 tahun. Sedangkan 12 tim lainnya masuk dalam kategori start up yang usahanya berusia 1-3 tahun. Nantinya, 24 tim akan melakukan presentasi secara daring.

Soprema, akan lebih fokus kepada anak muda di bidang sociopreneur. Yang mana tidak hanya berfokus pada keuntungan, namun juga memiliki fokus utama untuk memberikan dampak sosial kepada masyarakat. Seperti menyelesaikan permasalahan di masyarakat melalui pendekatan bisnis. “Misalnya problem sampah diselesaikan, namun juga bisa dikelola sebagai usaha yang berkesinambungan,” jelas Najib Senin (9/11).

Dikatakan, Soprema dimulai haru ini (10/11) hingga 4 Desember. Meliputi kompetisi yang akan dilaksanakan mulai 10-14 November, Inkibasi dan Pitching pada 11-14 November, Bincang Soprema pada 14 November, Virtual Expo 14 November sampai 4 Desember, serta Awarding Soprema pada 4 Desember.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Soprema 2020 Hempri Suyatna menjelaskan jika saat ini keseluruhan acara Soprema dilakukan secara daring karena pandemi Covid-19. Meskipun demikian, penyesuaian dan inovasi dilakukan agar Soprema bisa senantiasa mendukung kiprah sociopreneur muda. Khususnya dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan bisnis sosial. “Supaya bisnis sosial bisa bangkit dan bersaing lagi,” jelas Hempri.

Nantinya, virtual expo akan digelar dengan konsep Inspiring Millenials as Sociopreneurship Champion untuk bisa memamerkan produk usaha dari para sociopreneur. “Bisa ditelusuri melalui laman https://akmindonesia.org/,” tambahnya. (eno/bah)

Pendidikan