RADAR JOGJA – Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) patut berbangga setelah tiga mahasiswanya berhasil memenangi ajang International Conference on Animal Science and Veterinary Medicine for Student (ICAVETS) Faculty of Veterinary Medicine yang diselenggarakan Universitas Brawijaya lewat konsferensi virtual pada 15 Oktober 2020.

Ketiga mahasiswa Polbangtan YoMa tersebut adalah Dhestalia Eka Pratiwi ( ketua), Wahyu Mahfudin, dan Rohman Abidin. Ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Peternakan.

Di ajang tersebut, kelompok Polbangtan YoMa ditambah seorang mahasiswa asal Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, yakni Vikramanda Ikbar.

Ini adalah pertama kalinya kompetisi diadakan untuk memfasilitasi mahasiswa menyebarkan proyek ilmiah dan ide mereka memecahkan masalah lingkungan yang relevan.

Pada ICAVETS 2020, kelompok Polbangtan YoMa mengajukan paper berjudul “Potency in Vitro of Jackfruit Leaves Crude Aqueous Extract as Anthelmetika Against Haemonchus Countortus Worms in Goat”.

Dibimbing oleh dosen Jurusan Peternakan Dr drh Budi Purwo Widiarso MP, delegasi Polbangtan YoMa berhasil menjadi juara favorit di ajang tersebut. “Dari ratusan kelompok peserta yang apply paper di ICAVETS. Enam  paper terbaik yang terpilih dan diberi kesempatan untuk presentasi,” ungkap Rohman Abidin mewakili kelompoknya. “Setelah kami melakukan presentasi masing masing dewan juri mengajukan pertanyaan,” lanjutnya.

Ada 3 dewan juri pada ajang itu. Dua  juri internasional dari The University of Queensland – Australia. Yakni  Associate Profesor Chiara palmeri DVM PhD dan Profesor Malcom Jones Bsc Hons PhD. Sedangkan juri dari Indonesia adalah drh Widi Nugroho PhD mewakili Universitas Brawijaya Malang.

Romah Abidin mengaku awalnya sempat ragu paper kelompoknya bakal terpilih untuk dipresentasikan. Itu lantaran lomba tersebut  sangat bergengsi di kalangan mahasiswa maupun para alumni di bidangnya. Melihat juga dari banyaknya peserta yang mendaftar dan paper yang dikirim. “Alhamdulillah ketika pengumuman 6 besar paper kelompok kami masuk,” ujarnya.

Dr Budi Purwo selaku pembimbing mengaku senang bisa mendampingi mahasiswa untuk dapat merasakan pengalaman baru. “Sekaligus bangga bisa mengantarkan mereka, meskipun bukan juara 1. Tapi menjadi juara favorit pilihan juri. Salut selalu dengan semangat mereka dan semoga semakin sukses ke depannya,” ungkap Budi Purwo.

Direktur Polbangtan YoMa Dr Rajiman MP turut mengucapkan selamat atas capaian Dhestalia dkk dalam ajang ICAVETS 2020. Rajiman turut bangga delegasi dari Polbangtan YoMa menorehkan tinta emas di ajang bergengsi tersebut.(*/yog)

Pendidikan