RADAR JOGJA – Pihak rektorat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogjakarta mengonfirmasi salah satu dosennya meninggal dunia. Dugaan terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dikuatkan dengan adanya perawatan medis dengan ventilator di RSA UGM.

Kasubag Kerjasama dan Humas UPN Veteran Jogjakarta Markus Kusnadijanto membenarkan adanya fakta tersebut. Sosok ini diketahui menjabat sebagai Ketua Jurusan Administrasi Bisnis (AB) Fisipol. Dosen laki-laki berusia 50 tahun ini telah dirawat di RSA UGM selama sepekan.

“Menurut info begitu dari rumah sakit (positif Covid-19). Jadi kami malah nggak ngerti sebenarnya. Hanya mendapat (informasi) dari gugus Covid-19 RSA UGM menghubungi ke satgas (Covid-19) kami untuk mengklarifikasi apakah benar almarhum pegawai UPN,” jelasnya, Rabu (14/10).

Markus menuturkan sang Kajur AB telah dimakamkan di pemakaman khusus Covid-19 TPU Madurejo Prambanan, Selasa sore (13/10). Jajaran rektorat telah melakukan langkah antisipasi berupa penutupan kampus II UPN Veteran di Babarsari sejak Minggu (11/10).

Langkah ini ditempuh pasca adanya laporan sakit dari pihak RSA UGM. Doaen tersebut telah menjalani tindakan  medis di ruang ICU RSA UGM. Kondisi kala itu telah terpasang mesin ventilator sebagai penunjang pernapasan.

“Senin (12/10) sudah dipasang ventilator oleh rumah sakit. Memang yang bersangkutan ini memiliki riwayat hipertensi dan diabetes,” katanya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Pemprov DIJ Berty Murtiningsih membenarkan adanya pasien Covid-19 meninggal dunia. Catatan mortalitas pasien terlaporkan hari ini. Tercatat sebagai pasien kasus 3023.

Berdasarkan data tersebut pasien tercatat sebagai pasien laki-laki berusia 50 tahun. Dalam keterangan medis turut terlampir riwayat dua penyakit penyerta atau komorbid. Di antaranya diabetes melitus dan hipertensi.

“Pasien ini dilaporkan terkonfirmasi Positif Covid-19 sejak 10 Oktober. Sempat menjalani rawat isolasi dengan ventilator. Selain Covid-19 juga ada riwayat komorbid diabetes dan hipertensi,” ujarnya. (dwi/tif)

Pendidikan