RADAR JOGJA – Jumat (9/10/2020) menjadi hari bahagia bagi Selfia. Bagaimana tidak, mahasiswa baru Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) itu bukan diterima di kampus pencetak ratusan agropreneur muda tersebut. Tapi sekaligus resmi menjadi bagian dari Kementerian Pertanian.

Hari itu, meski lewat daring, Selfia mendapat kesempatan bertatap muka dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Selfia bahkan mendapat aplaus dan hadiah laptop dari SYL karena semangatnya.

Ketika disapa SYL, Selfia mengaku siap menjadi petani. Anak pertama dari tiga bersaudara yatim itu bercita-cita bisa berwirausaha di bidang pertanian. Bukan semata-mata untuk meningkatkan kehidupan keluarga. Tapi lebih dari itu untuk regenerasi petani di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, SYL mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru Polbangtan se-Indonesia. “Selamat datang di jajaran Kementan. Selamat, kalian orang hebat. Masuk Polbangtan bangga tidak?” tanya SYL.

Pertanyaan tersebut sontak disambut kalimat setuju oleh seluruh perwakilan mahasiswa baru Polbangtan yang mengikuti acara penerimaan mahasiswa baru secara virtual siang itu. “Kalian harus bangga karena menjadi pilihan. Bisa bergabung bersama kami setelah melalui rangkaian panjang seleksi sebelum ini,” tutur SYL, yang saat itu berada di Agriculture War Room (AWR), Kementerian Pertanian, Jakarta.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Prof Dr Dedi Nursyamsi menjelaskan,  seluruh mahasiswa baru Polbangtan telah menjalani Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (mabidama).

Mabidama merupakan kegiatan orientasi kampus kepada calon mahasiswa baru. Hingga calon-calon agropreneur milenial itu dikukuhkan sebagai mahasiswa Polbangtan.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru di masing-masing Polbangtan se-Indonesia. “Pengukuhan ini merupakan acara lanjutan setelah Mabidama 2020,” katanya.

Di Polbangtan YoMa kampus Magelang, penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru dilakukan oleh Wakil Direktur 1 Dr Ananti Yekti.

SIMBOLIS: Penyematan jas almamater oleh Wadir 1 Polbangtan YoMa Dr Ananti Yekti kepada perwakilan mahasiswa baru. Acara tersebut disaksikan langsung secara virtual oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Jakarta. (POLBANGTAN YOMA)

Adapun, selain Selfia, peserta lain yang mengikuti acara penerimaan mahasiswa baru Polbangtan secara virtual, antara lain; Diaz dari Polbangtan Manokwari; Winilistya Samosir (Polbangtan Bogor), Saphira (Polbangtan Medan), dan Muchlis (Polbangtan Gowa).

Sebagaimana diketahui, mabidama dihelat secara daring selama lima hari. Rangkaian kegiatannya meliputi pramabidama, mabidama, dan pengukuhan mahasiswa baru.

Ketua Senat Polbangtan YoMa drh Pramu MSc menjelaskan, mabidama diikuti 249 peserta. Terdiri atas 140 camaru Jurusan Pertanian dan 105 Jurusan Peternakan. Ditambah 4 mahasiswa angkatan 2019 yang tahun lalu belum mengikuti mabidama. “Sebagai pengisi materi mabidama, Polbangtan menghadirkan narasumber dari dalam dan luar kampus,” ungkap Pramu.

Acara puncak mabidama berupa pengukuhan/peresmian camaru menjadi mahasiswa baru Polbangtan YoMa oleh Direktur Polbangtan YoMa Dr Rajiman MP dan Ketua Senat drh Pramu MSc telah dilaksanakan pada Sabtu (3/10/2020).

Hadir secara luring untuk dikukuhkan enam perwakilan camaru di Gedung Tefa kampus Magelang. Keenam camaru tersebut merupakan perwakilan dari enam prodi.

Rajiman mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru Polbangtan YoMa. Itu berarti mereka telah menjadi bagian dari Polbangtan YoMa, yang bercita-cita menelurkan banyak agropreneur milenial.(*/yog)

Pendidikan