RADAR JOGJA –  Ada ritual nan mendidik yang menjadi agenda rutin tahunan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang (Polbangtan YoMa).

Kegiatan itu adalah Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (mabidama). Yang merupakan rangkaian kegiatan orientasi kampus kepada calon mahasiswa baru (camaru). Hingga calon-calon agropreneur milenial itu dikukuhkan sebagai mahasiswa Polbangtan.

Biasanya mabidama digelar di lingkungan kampus. Namun, mengingat sedang masa pandemic Covid-19, mabidama dihelat secara daring selama lima hari. Rangkaian kegiatannya meliputi pramabidama, mabidama, dan pengukuhan mahasiswa baru.

Ketua Senat Polbangtan YoMa drh Pramu MSc menjelaskan, mabidama diikuti 249 peserta. Terdiri atas 140 camaru Jurusan Pertanian dan 105 Jurusan Peternakan. Ditambah 4 mahasiswa angkatan 2019 yang tahun lalu belum mengikuti mabidama. “Sebagai pengisi materi mabidama, Polbangtan menghadirkan narasumber dari dalam dan luar kampus,” ungkap Pramu.

Adapun materi selama mabidama, antara lain, penerapan protokol kesehatan dalam kampus. Materi ini disampaikan oleh Aji Bau MKes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang pada Kamis (1/10/2020).

Selanjutnya, materi perwujudan bela negara mahasiswa Polbangtan. Disampaikan Letkol Inf Tentrem Rahardjo SPd dari Depo Pendidikan (Dodik) Bela Negara. Pada hari yang sama, Letkol Tentrem Rahardjo juga menyampaikan materi wawasan kebangsaan.

Hari berikutnya, tema materi mabidama adalah karakter jujur dan budaya antikorupsi. Materi ini disampaikan oleh Bapak Agung dari Komisi Pemberantasan Korupsi Korwil 7. Kemudian materi tentang sistem pembelajaran dan perkuliahan online oleh Dadang Tri Wahyudi MST dari Malaca Indotech Semarang.

Sementara pada Sabtu (3/10/2020) ada empat materi. Yakni pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh Ketua BNN Magelang Catharina S.M., SSos; etika sosial budaya dan pencegahan pergaulan bebas oleh Aning Az Zahra MA dari Universitas Muhammadiyah Magelang; pencegahan paham radikalisme dan terorisme oleh Lettu Inf Suroto; dan pembinaan mental serta karakter kepemimpinan oleh Kapten Inf Musyafa dari Dodik Bela Negara.

Selesai penyampaian empat materi mabidama tersebut, disusul acara puncak. Yakni pengukuhan/peresmian camaru menjadi mahasiswa baru Polbangtan YoMa. Camaru dikukuhkan oleh Direktur Polbangtan YoMa Dr Rajiman MP dan Ketua Senat drh Pramu MSc.

Hadir secara luring untuk dikukuhkan enam perwakilan camaru di Gedung Tefa kampus Magelang. Keenam camaru tersebut merupakan perwakilan dari enam prodi.

Dalam kesempatan itu, Rajiman mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru Polbangtan YoMa. Itu berarti mereka telah menjadi bagian dari Polbangtan YoMa, yang bercita-cita menelurkan banyak agropreneur milenial.

Hal tersebut sebagaimana arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Prof Dr Ir  Dedi Nursyamsi MAgr. Menteri SYL dijadwalkan untuk memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa baru Polbangtan melalui Zoom pada Jumat (9/10/2020). “Selamat menempuh pendidikan vokasi dan nantinya bisa menjadi insan yang membangun dan memajukan pertanian dan menyejahterakan petani,” tutur Rajiman.(*/yog)

Pendidikan