RADAR JOGJA – Sebanyak 80 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada (STAIMS) Yogyakarta mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2020 secara daring, Sabtu (26/9). Melalui aplikasi Zoom, PBAK dimulai pukul 08.00 hingga berakhir pukul 11.30 siang. PBAK kali ini mengusung tema ‘Membentuk Generasi Muslim Yang Akademis, Inovatif Dan Progresif Dengan Spirit Dimasa Pandemi’.

Ketua Panitia PBAK Widi Astuti dalam sambutannya menjelaskan, tujuan dari acara ini untuk memberikan gambaran dan pemahaman terkait sistem perkuliahan di STAIMS. Meliputi nuansa akademik, proses belajar mengajar, teknis-teknis tentang akademik, aturan tata tertib, fasilitas, dan budaya di kampus.

Kepada para mahasiswa, Ketua STAIMS Yogyakarta Sutinah menekankan pentingnya belajar dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Terlebih dalam masa pandemi seperti ini.

“Jangan menjadi penghalang untuk terus belajar dan melakukan hal-hal yang positif, serta dapat menjadi pelita didalam masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan PBAK ini dilakukan dalam dua tahap. Pertama acara Pra-PBAK dan PBAK. Pra PBAK dilakukan beberapa minggu sebelum acara inti PBAK. Terdiri dari technical meeting, perlombaan caption dan twibon terbaik.

Pada acara inti PBAK, diisi dengan Sosialisasi Pembelajaran dan OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik Kampus) yang disampaikan oleh Muhammad Fathoni selaku wakil Ketua I bidang Akademik, Rubini selaku wakil Ketua bidang Kemahasiswaan, Suparman selaku Ketua Program Studi PAI, dan Alam Budi Kusuma selaku Ketua Program Studi PBA. Acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan Pengenalan BEM serta UKM STAIMS dan ditutup dengan games. (tif)

Pendidikan