RADAR JOGJA – Selain mendukung berbagai program pemerintah, Smartfren secara aktif menjalankan berbagai inisiatif untuk memastikan semakin banyak pelajar yang bisa mendapatkan akses internet. Di Jogjakarta, Smartfren bekerja sama dengan Perpustakaan Aksara Bergerak yang mengoperasikan Mobil Internet Gratis miliknya berkeliling Jogjakarta guna menyediakan internet gratis. Ini untuk siapapun yang memerlukan bantuan untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Perpustakaan Aksara Bergerak didirikan oleh Hendy Kurniawan bersama dengan istrinya dan sudah beroperasi secara independen sejak 2016 lalu. Awalnya berupa mobil yang membawa buku pelajaran dan bisa dipinjam atau dibaca gratis oleh anak-anak SD di sekitar Jogjakarta.

Kemudian sejak Agustus lalu, Hendy menjalankan konsep Mobil Internet Gratis yang menyediakan akses internet untuk membantu anak-anak Sekolah Dasar belajar secara online. Setiap hari mulai jam 9.00 WIB sampai 13.00 WIB, Hendy akan mengemudikan mobilnya dan berhenti di lokasi tertentu sehingga bisa memberikan akses internet untuk anak-anak sekolah yang membutuhkannya.

“Mobil Internet Gratis dari Aksara Bergerak adalah insiatif yang sangat mulia dan saat ini sangat dibutuhkan masyarakat. Karena itu Smartfren merasa tergerak dan berinisiatif untuk mendukungnya dengan memberikan kuota internet Smartfren yang bisa membantu menyediakan tambahan akses internet di tengah kegiatan pembelajaran jarak jauh,” ujar Regional Head Smartfren Central Java Joseph Martinus Gultom.

Sementara itu, Hendy Kurniawan menyatakan sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Smartfren. Sudah sejak 2016 dia menjalani kegiatan literasi masyarakat ini secara independen.

”Pada dasarnya saya menjalankan gerakan literasi. Namun saat ini internet menjadi sarana yang sangat penting dan berpengaruh pada kelancaran pendidikan. Semoga kerjasama ini bisa terus terjalin dan memberikan lebih banyak dampak positif di masyarakat,” jelasnya.

Melalui kerja sama ini, Smartfren memberikan dukungan berupa satu unit modem Smartfren M6 dan voucher Kuota Nonstop total 54 GB yang bisa membantu menambah kapasitas Mobil Internet Gratis sehingga bisa diakses lebih banyak pelajar di Jogjakarta. (sce/ila)

Pendidikan