RADAR JOGJA – Taruna Program Studi Manajemen Transportasi Laut “STIMARYO” Muhammad Mustawal Arisy meraih Juara Kreator Terbaik Putra dalam Pemilihan Duta Generasi Berencana  (GenRe) Daerah Istimewa Jogjakarta 2020. Arisy meraih juara dari program yang merupakan inisiasi dari Dinas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIJ. Program ini dikembangkan dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

”Sehingga nantinya mampu melangsungkan jenjang pendidika secara terencana, berkarir dalam pekerjaan, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus reproduksi. Penobatan Duta GenRe DIY 2020 dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Dafam Rohan pada 19 September 2020,” ujar Arisy dalam pers rilis yang dikirimkan Sabtu (26/9).

Sebelum dinobatkan menjadi juara, para peserta diharapkan dengan mengikuti beberapa tahap seleksi, antara lain verifikasi pendaftaran (pegiriman berkas melalui e-mail dan pembuatan video profil yang diunggah ke akun YouTube). Juga tes tertulis secara online dengan materi seputar GenRe, tes wawancara online dan penampilan ujuk bakat yang diunggah di YouTube.

Setelah serangkaian seleksi dari ratusan pendaftar secara daring, didapati 20 besar Finalis atau 10 pasang putra putri yang harus mengikuti serangkaian kegiatan secara luring di antaranya Pelatihan, Pembekalan, Sosial Media Challenge, Bakti GenRe, Karantina, hingga acara Gran Final.

“Merasa jadi duta merupakan tanggung jawab seumur hidup, merasa senang dan bersyukur bisa dipertemukan 20 orang hebat, dan mohon doa untuk mempu mengemban amanah serta berkontribusi lebih dalam masyarkat” ujur Arisy. (ila)

Pendidikan