RADAR JOGJA – PT Jamkrindo berpartisipasi dalam pembangunan kampus Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Jogjakarta melalui program Bina Lingkungan sebesar Rp 250 juta. Program Bina Lingkungan yang diserahkan pada Rabu (23/9) tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi Jamkrindo di sektor pendidikan.

Direktur Utama PT Jamkrindo Randi Anto menjelaskan, melalui penyerahan program Bina Lingkungan untuk pembangunan kampus UNU tersebut, Jamkrindo ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pendidikan.

”Salah satu pilar pengembangan bangsa ini adalah sumber daya manusia. Kami berharap, nantinya kampus UNU bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas bagi Indonesia,” ujar Randi dalam siaran pers pada Rabu.

Bantuan Bina Lingkungan untuk pembangunan kampus UNU juga diberikan oleh beberapa BUMN lain melalui koordinasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Kolaborasi program Bina Lingkungan ini diharapkan bisa mempercepat proses pembangunan kampus.

Secara simbolis, bantuan Bina Lingkungan PT Jamkrindo diserahkan oleh Pemimpin Cabang Jogjakarta Akhmad Albaasithu kepada Rektor UNU Prof Purwo Santoso. Purwo Santoso menyampaikan ucapan terima kasih atas pemberian bantuan Bina Lingkungan dari PT Jamkrindo.

Wakil Rektor UNU Bidang Akademik sekaligus Ketua Panitia Pembangunan Kampus UNU Abdul Ghaffar berharap, bantuan itu bisa memperlancar pembangunan kampus UNU. ”Kami mengucapkan terima kasih dan berharap ke depan masih bisa melakukan kolaborasi dengan PT Jamkrindo untuk mengembangkan Indonesia maju,” ujar Ghaffar.

Bantuan Bina Lingkungan PT Jamkrindo untuk sektor pendidikan sudah diberikan di berbagai tempat dan level pendidikan. Hal itu antara lain bantuan laboratorium dan keperluan pendidikan di SMA Negeri 7 Kupang, dan renovasi 8 sekolah dasar di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

Untuk menggerakkan sektor lain, yakni sektor perekonomian, PT Jamkrindo juga aktif menyalurkan program kemitraan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta melakukan pembinaan UMKM di berbagai daerah di Indonesia. Penyaluran program kemitraan dan pembinaan UMKM itu antara lain diberikan kepada petani mete di Larantuka, Nusa Tenggara Timur; petani kopi di Kintamani, Bali; petani kopi dan perajin jaket kulit di Garut, Jawa Barat; UMKM pengolah produk mangga dan asosiasi homestay di Geopark Ciletuh.

PT Jamkrindo merupakan anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan dengan induk usaha PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) dengan brand Indonesian Financial Group (IFG). (*/ila)

Pendidikan