RADAR JOGJA – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2019/2020 pada Sabtu (29/8). Ini pertama kalinya UAJY menggelar wisuda secara daring melalui kanal Youtube UAJY.

Rektor UAJY Prof Ir Yoyong Arfiadi, M.Eng, PhD mengatakan, walaupun wisuda kali ini dilaksanakan secara daring dan hanya beberapa yang hadir, namun tak mengurangi kebahagiaan.

Dia mengatakan, dalam situasi sekarang ini, banyak kantor-kantor dan perusahaan belum beroperasi secara normal. Tentunya bukan suatu hal yang mudah untuk memulai langkah dalam membangun karir.

”Walaupun demikian di sisi lain juga melihat peluang-peluang dan kemajuan yang diakibatkan oleh COVID-19 ini. Kami berharap para wisudawan tetap semangat dan dapat memanfaatkan peluang yang ada sekecil apapun. Sebagai lulusan UAJY, saya yakin dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada dan bahkan secara kreatif mengatasi  situasi ini,” papar Yoyong.

Menurut Yoyong, pandemi COVID-19 belum tahu kapan akan berakhir. Untuk itu, sambil mengikuti protokol sesuai anjuran para ahli kesehatan, tentu kita tidak dapat hanya berpangku tangan.

”Justru inilah saatnya kita berkarya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Gunakanlah semua pengetahuan dan kreativitas untuk memulai langkah dalam merintis karir,” tuturnya.

Sementara itu, UAJY mewisuda 786 sarjana dengan rincian 756 sarjana strata satu dan 30 sarjana strata dua (magister). Jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude sebanyak 148 orang. Sampai dengan wisuda kali ini UAJY telah meluluskan sebanyak 47.419 sarjana dengan rincian 45.001 sarjana strata satu dan 2.418 sarjana strata dua (magister).

Dalam wisuda tersebut, Maria Vika Wirastri dari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik terpilih menjadi wakil wisudawan untuk memberikan sambutan. Vika lulus Sarjana Teknik dengan predikat cumlaude dengan meraih IPK 3,90.

Selama menempuh kuliah di UAJY, Vika termasuk mahasiswa berprestasi yang aktif mengikuti kompetisi dan mendapatkan penghargaan. Di antaranya meraih Juara 2 dalam Lomba Desain Internasional CTBUH di Chicago, Amerika Serikat pada tahun 2019. Selain itu, Vika juga berhasil meraih Juara I dalam Lomba Karya Tulis Nasional – LKTI Seminar Arsitektur Nasional Petra yang diselenggarakan oleh Universitas Petra Surabaya pada tahun 2019. Vika merupakan salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus (2018-2019).

Menurut Vika, meskipun raga tidak bisa bersua lantaran pandemi dan polemik yang kini sedang melanda dan telah merasakan langsung betapa berbeda dan spesialnya wisudawan tahun 2020.

”Kita ditempa lebih keras, kita berproses lebih banyak, namun di situ pulalah kita beradaptasi lebih dini. Dibalik itu semua pasti akan ada hikmah yang dapat diambil. Hal tersebut alangkah baiknya perlu disikapi positif sebab tantangan baru seperti ini pasti juga akan terjadi di masa-masa yang akan datang,” ungkapnya.

Menurutnya, belajar di UAJY merupakan salah satu keputusan akademis terbaik yang dia miliki. Bukan hanya tentang mencari kredensial saja atau karena UAJY masuk dalam jajaran perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang terakreditasi A.

”Namun, dengan menginvestasikan waktu di sini, benar-benar membuat saya mendapat berbagai pelajaran dan pengalaman berharga. Saya menemukan diri saya saat ini, tidak hanya diisi dengan ilmu pengetahuan saja, namun juga dibentuk dengan fondasi wawasan, etika, dan keterampilan yang semakin membentuk kepribadian saya,” ungkap Vika. (sce/ila)

Pendidikan