RADAR JOGJA – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) meluluskan 293 mahasiswa. Sebanyak 165 mahasiswa berhasil lulus dengan menyandang predikat cumlaude pada wisuda periode 4 tahun ajaran 2019/2020, Sabtu (25/7).

Wisuda secara daring atau online melalui platform meeting online Zoom ini disiarkan secara langsung melalui akun Youtube resmi UPNVY. Prosesi wisuda periode 4 ini dihadiri secara virtual oleh wisudawan dan wisudawati serta dalam rangkaian prosesi diisi sambutan dari Rektor UPNVY, Wakil Menteri Pertahanan, dan Wakil Gubernur DIJ.

Dalam sambutannya, Rektor UPNVY Mohamad Irhas Effendi menyampaikan, pada prosesi wisuda periode 4, UPNVY berhasil melepas 293 mahasiswa yang berasal dari 5 fakultas UPNVY. Irhas menyampaikan beberapa pesan terkait kondisi pandemi di Indonesia yang belum kunjung membaik. Kondisi dan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia ini justru setidaknya melahirkan 3 kesadaran baru

Pertama, tidak ada yang bisa menghalangi kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. ”Kedua, dalam konteks akademik menyadari bahwa selalu ada entitas yang lebih baik daripada kita, yang akan mendatangkan kesadaran pentingnya kerendahan hati dan senantiasa mawas diri. Ketiga, pandemi ini juga menuntut kita untuk mampu menjadi manusia yang adaptif melalui inovasi di segala bidang, kita harus memiliki kelenturan dan keluwesan dalam merespon tantangan yang ada tanpa putus asa, kerja keras, dan berdoa kepada Tuhan YMK,” ujarnya.

Prosesi wisuda juga dihadiri oleh Wagub DIJ Sri Paduka Pakualam X yang merupakan alumnus dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis tahun 1989. Dalam sambutannya, dia memberikan kata selamat dan pesan bagi seluruh wisudawan dan wisudawati.

Prosesi wisuda juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono yang berpesan Kementerian Pertahanan memiliki harapan besar kepada UPNVY. Utamanya di bidang Tri Dharma perguruan tinggi untuk dapat berkompetisi dan sejajar dengan PTN besar lain di Indonesia. Sebuah kebangaan, jika lembaga yang lahir dari Kemhan ini dapat mengukir prestasi membagakan di negeri ini.

”Saya juga berharap UPNVY tetap memegang teguh komitmen, melestarikan dan meningkatkan nilai-nilai bela negara, baik di bidang Tri Dharma maupun kelembagaan,” ungkapnya. (sce/ila)

Pendidikan