RADAR JOGJA – Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STIMARYO) siap hadapi new normal dengan STIMARYO Virtual Class (vclass.stimaryo.ac.id). Website resmi ini baru saja diluncurkan saat pandemi Covid-19 yang mengharuskan taruna-taruninya belajar secara online.

“Ini bentuk keseriusan dan kesiapan kami dalam menghadapi wabah Covid-19. Kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan oleh karena itu kami luncurkan STIMARYO Virtual Class ini,” ujar Ketua STIMARYO Wegig Pratama saat ditemui di kantornya, Jumat (3/7).

Wegig menjelaskan, dalam virtual class ini taruna-taruni dapat mengakses pembagian kelas, list mata kuliah, presensi kelas, pemberian materi perkuliahan melalui chat, forum diskusi, pemberian tugas, pengumpulkan tugas, quiz, serta tautan materi dari laman lain. Para taruna login menggunakan username dan password di vclass.stimaryo.ac.id.

“Pada bulan Agustus nanti ada Ujian Keahlian Pelaut (UKP), mau tidak mau taruna harus datang dan melakukan praktik di kampus. Untuk itu kami menetapkan protokol kesehatan dengan ketat, salah satunya mengadakan rapid test pada peserta UKP di kampus,” papar Wegig.

Humas sekaligus dosen STIMARYO Yudhi Setiyantara menambahkan, meskipun para dosen bekerja dari rumah (WFH) materi ajar dan tugas dipersiapkan dengan baik.

“Taruna-taruni juga tertib dalam mengikuti kelas dan mengirimkan tugas mereka,” tambahnya.

Yudhi mengungkapkan, saat ini taruna baru yang mendaftar dan registrasi sudah mencapai 90 persen pada gelombang 1. Pihaknya berharap pada gelombang 2 dan 3 selanjutnya pendaftar akan lebih banyak lagi. (ita/sce/tif)

Pendidikan