RADAR JOGJA – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2020/2021. Ada tiga jalur dalam proses PMB, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 713, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 1.782, dan Seleksi Mandiri (SM) sebanyak 1.160. Total kuota yakni 3.655 calon mahasiswa baru.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UPNVY Suharsono menjelaskan, PMB UPNVY mengutamakan kualitas dan pemerataan mahasiswa, sehingga memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Kami harapkan melalui cara ini, kami menjaring supaya benar-benar merata dengan jumlah peserta yang banyak dengan kualitas yang baik,” ungkapnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (27/6).

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPNVY Hendro Widjanarko mengatakan, untuk pendaftaran SM ditempuh melalui 3 Jalur. Jalur Prestasi mulai 26 Juni-14 Juli, Jalur Nilai UTBK mulai 20-31 Agustus, dan Jalur UTBC mulai 1 Juli-26 Agustus. Pengumuman akan dilaksanakan pada 8 September.

“Jalur Prestasi ini diperuntukkan bagi siswa yang mempunyai prestasi di bidang Olahraga, Seni, dan IPTEK, baik di tingkat provinsi/nasional/internasional dan yang setara. Jalur Nilai UTBK bisa ditambahkan dengan portofolio bela negara, misalnya sertifikat ikut paskibra atau kepramukaan,” beber Ketua LPPM dan Dosen Prodi Manajemen FEB UPNVY ini.

Pendaftaran SM, lanjut Hendro, bisa dilakukan secara online di laman pmb.upnvy.ac.id dengan biaya Rp 250 ribu.

Kendati demikian jadwal PMB melalui SM, Jalur Nilai UTBK, dan Jalur UTBC masih dapat menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

“Tapi prinsipnya paling lama satu minggu setelah pengumuman, kami akan melakukan SM mengunakan nilai UTBK dan tes UTBC,” kata Hendro. (sky/tif)

Pendidikan