RADAR JOGJA – Lulusan perguruan tinggi hendaknya memperkuat soft skills, karena banyak perusahaan besar di Indonesia maupun dunia yang menekankan kemampuan saat melakukan rekrutmen pegawai. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dedi Pramono dalam keterangan tertulis,┬áKamis (18/6).

Soft Skills adalah kelebihan di luar akademis yang meliputi kemampuan Intrapersonal seperti motivasi, manajemen waktu, dan kedisiplinan diri. Juga interpersonal misalnya kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan attitude. Yang harus hadir, terbentuk, dan terinternalisasi selama menjadi mahasiswa UAD sampai dengan lulus,” jelasnya.

Oleh karena itu, UAD memiliki program di sela Pelatihan Soft Skills bagi Mahasiswa Baru UAD yang dilaksanakan di kampus Utama UAD, di Tamanan, Bantul. Kepala Bidang Career Development Center (CDC) dan Alumni Bimawa UAD Hendy Ristiono menjelaskan, pelatihan untuk tahun ajaran 2019/2020 telah dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19 melanda. Berlangsung setiap hari Minggu selama 3 bulan yakni November 2019 sampai Januari 2020. Diikuti sebanyak 6.750 mahasiswa yang dibagi 18 kelas dengan peserta 900 orang.

“UAD sudah memiliki grand design untuk mahasiswa yang akan diberikan di setiap semester. Karena untuk merencanakan karir memang harus dilakukan sejak awal,” ungkap Hendy.

Materi pertama yang diberikan adalah menanamkan kebanggaan terhadap almamater. Para mahasiswa baru dijelaskan tentang prestasi yang telah diraih UAD. Selanjutnya diberikan materi Goal Setting, dan Career Planning.

“Harapannya bisa meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri, dan menumbuhkan kebanggaan menjadi Mahasiswa UAD. Lulus tepat waktu dengan IPK tinggi plus kompetensi tambahan. Juga memiliki gambaran jelas setelah lulus ingin menjadi apa dan bekerja dimana,” terangnya. (sky/tif)

Pendidikan