RADAR JOGJA – Laboratorium Ilmu Pemerintahan (Lab IP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar web seminar (webinar) melalui aplikasi Zoom, Senin sore (8/6).

Mengusung tema ‘Terampil Menulis Opini, Milenial Kritis Berargumen’, seminar digital bersama Jawa Pos Radar Jogja Digital ini diikuti 70 Mahasiswa IP semester II, angkatan 2019. Koordinator Lab Ilmu Pemerintahan UMY Sakir Ridho Wijaya SIP MIP mengatakan keiatan ini adalah bagian dari mata kuliah Bahasa Indonesia dan Penulisan Karya Ilmiah yang diampunya. Kemampuan menulis termasuk peringkat kedua teratas di bawah Public Speaking sebagai pilihan wajib softskill untuk mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY.

“Sebab, setelah didata banyak alumni IP UMY ternyata bekerja di Humas Pemerintahan,” katanya.

Untuk itu, sakir mengungkapkan, mahasiswa IP perlu dibekali dua kemampuan menulis dan berkomunikasi dengan benar.

“Setidaknya para alumni saat berada di dunia kerja dapat menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis lewat media mainstream atau media sosial nanti,” lanjutnya.

Diaa berharap seminar menulis opini atau esai ini dapat membuka pengetahuan baru mahasiswa tentang bagaimana berpendapat atau berargumen kritis lewat tulisan.

“Tentunya secara bijak tidak menyakiti hati orang lain dan dengan bahasa penulisan yang mudah dipahami,” pesannya.

Sementara itu, pembicara seminar CEO Radar Jogja Digital Reren Indranila menyampaikan banyak tips dan trik menulis opini agar cepat tembus meja redaksi.

Reren mengatakan, kiat menulis opini supaya segera ditayangkan, penulis harus mengambil tema aktual dan banyak dibicarakan orang. Selain itu penulis harus mencari angle menarik dan menentukan sikap yang jelas pada suatu persoalan tertentu.

“Ingat, opini tidak boleh asal berpendapat. Satu kuncinya harus bisa dipertanggung jawabkan, disertai riset dan data yang lengkap sebagai penguat argumen,” ujarnya.

Mantan Pimred Koran Jawa Pos Radar Jogja ini juga mengajarkan bagaimana mengawali satu ide yang kemudian dapat dijadikan sebuah tulisan yang enak dibaca.

“Opini akan lebih meyakinkan dan kompeten jika penulis menulis sesuai dengan bidangnya,” tambahnya.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, seluruh Mahasiswa mata kuliah Bahasa Indonesia dan Penulisan Karya Ilmiah diminta untuk menulis opini yang akan dikumpulkan pada pertemuan kedua Rabu (10/6).

“Nanti tulisan mahasiswa yang dimuat di website www.radarjogja.jawapos.com akan langsung mendapat nilai A,” tandasnya. (naf/tif)

Pendidikan