RADAR JOGJA – Memasuki tahun ajaran 2020/2021, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIJ akan mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) From Home pada 2 Juni 2020 mendatang. Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIJ Didik Wardaya menjelaskan, cara ini dipilih untuk menghindari kerumunan dan meminimalisir adanya kontak langsung antara pihak sekolah dan calon anak didik.

Syarat penerimaan pada tahun ajaran ini tidak menggunakan nilai ujian sekolah, tetapi menggunakan dasar nilai rapor siswa dan indeks prestasi non-akademik bagi yang memiliki.

“PPDB tahun ajaran 2020/2021 tidak akan menggunakan nilai Ujian Nasional (UN) karena Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditiadakan akibat dari adanya pandemi Covid-19,” jelasnya.

Para calon siswa, lanjut Didik, harus mempersiapkan dokumen yang akan diunggah untuk dilakukan verifikasi lebih lanjut sebelum pendaftaran. Pendaftaran pada 2-5 Juni ditujukan bagi calon siswa yang mengajukan diri dengan tambahan nilai prestasi atau menggunakan kartu tidak mampu. Untuk pengambilan token dilakukan pada 22-25 Juni dengan mengirim bukti fotokopi tanda kelulusan yang tidak perlu dilegalisir dan kartu keluarga anak didik.

Didik menambahkan, bagi calon siswa yang melalui Kelas Khusus Olahraga (KKO) harus tetap datang ke sekolah untuk penilaian kemampuan.

“Untuk KKO yang memang harus datang ke sekolah, penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 harus tetap dilakukan walupun di halaman sekolah,” terangnya.

Disikpora DIJ menerima konsultasi baik secara langsung maupun melalui sambungan telekomunikasi untuk mengatisipasi adanya kesulitan dalam pendaftaran.

“Terkait teknis pendaftaran dan dokumen yang diperlukan, dapat mengakses dikpora.jogjaprov.go.id,” tandasnya. (sky/tif)

Pendidikan