RADAR JOGJA – Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr Quratul Aini M Kes melaksanakan pengabdiannya dengan menggelar Achivement Motivation Training: Meningkatkan Writing Skill Anak Dalam Menghadapi Era Digital di Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari. Kegiatan ini berlangsung 11 Mei lalu. 

Situasi pandemi Covid-19 menyebabkan banyak kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak harus diundur atau bahkan dihentikan. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niat Aini untuk tetap melanjutkan pengabidan. Oleh karena itu, televisi dan video pembelajaran dipilih sebagai media perantara.  

“Menulis harus dimulai dengan perasaan yang bahagia,” ungkap Aini. 

Menurut Aini, perasaan-perasaan bahagia akan membuat menulis dengan mudah dan ide-ide mengalir dengan lancar. Untuk memulai menulis, lanjut Aini, seorang penulis tidak harus selalu memikirkan teori terlebih dahulu. Penulis hanya harus menulis, baru kemudian menemukan teorinya. 

“Ide itu sangat mudah. Ide bisa dimulai dari mana saja, termasuk apa saja yang kita lihat atau temui. Kemudian, supaya dapat mengembangkan ide, penulis harus memperbanyak membaca,” jelasnya.

Selain itu, Aini mengatakan penulis pemula juga butuh sebuah kerangka karangan guna mempermudah proses menulis. Diharapkan dalam setiap tulisan ada pesan moralnya, sehingga dapat bermanfaat bagi pembacanya. 

Selanjutnya, hasil tulisan anak-anak panti asuhan ini akan dibukukan. Hasil karya ini diharapkan menjadi motivasi bagi anak-anak panti asuhan untuk terus menulis dan belajar membuat sebuah buku. 

“Proses penerbitan hasil karya akan bekerja sama dengan The Journal Publishing selaku penerbit buku,” tandasnya.

Kegiatan ini disamput baik oleh pihak Panti Asuhan Aabu Dzar Al Ghifari. Para santri yang termasuk anak asuh hampir seluruhnya mengikuti dan berkontribusi. Tidak hanya model pembelajaran yang diberikan, Aini juga memberikan bantuan untuk mengurangi kesulitan panti di zaman pandemi Covid-19. Penyerahan bantuan berupa sembako, alat tulis, DVD Player, dan video pembelajaran beserta televisi diwakilkan oleh staff UMY Junior Hendri Wijaya. (*/tif)

Pendidikan