RADAR JOGJA – Tim Gugus Tugas (Gugas) Pencegahan Penanganan Covid-19 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) melalui Ketua Tim Eko Teguh Paripurno menyerahkan bantuan 15 set APD dan 5 box masker medis @50 pcs ke Puskesmas Sewon 1 Bantul, Senin (11/5). Bantuan tersebut berasal dari Bidang Relawan Gugus Tugas Covid-19 BNPB melalui Ikatan Alumni UPN “Veteran” Indonesia (IAUPN).

“Bantuan tersebut merupakan bagian dari Program Penguatan Komunitas Desa Mitra dalam menghadapi Covid-19. Penguatan tidak hanya pada komunitas desanya, tetapi juga kepada pusat pelayanan kesehatan terdekat,” ujar Eko, didampingi Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 UPNVY Arif Riyanto Budi Nugroho, dan Dosen Ilmu Komunikasi Fisip UPNVY Panji Dwi Ashrianto.

Perwakilan Puskesmas Sewon 1 Bantul dr Endar yang sebelumnya telah berkomunikasi dengan Ketua Tim Gugas, mengapresiasi usaha tersebut. Ini merupakan salah satu cara mempererat hubungan warga dengan puskesmas terdekatnya.

Sumbangan serupa, kata Eko, dalam waktu dekat akan diserahkan ke puskesmas-puskesmas, terutama untuk yang di wilayah kerjanya terdapat rumah isolasi mandiri milik warga.

“Puskesmas tersebut ada di kecamatan Depok, Dukuh, Selo, Cangkringan, dan Ngemplak, juga lainnya di wilayah Jogjakarta dan sekitarnya,” ungkap Eko.

Saat ini, lanjut Eko, UPNVY bersama parapihak “penthahelix” lainnya bekerjasama mendukung Warga Tembi untuk mewujudkan dan menyiapkan Rumah Isolasi Mandiri. Pencanangan fasilitasi sudah dilakukan oleh Rektor UPNVY Mohamad Irhas Effendi belum lama ini. Selain dukungan capacity building, bantuan juga dalam bentuk pemenuhan kebutuhan hidup bagi warga yang akan menjalani isolasi mandiri.

“Secara kebetulan pemilik rumah tersebut, Perkumpulan Komunitas Pecinta Alam Pemerhati Lingkungan (Kappala) Indonesia, mengijinkan kantor sekretariatnya dimodifikasi warga menjadi rumah isolasi berkapasitas 4 kamar,” terang Eko.

Menurut pemuka masyarakat Tembi dan pemilik Galeri Batik Leksa Ganesha Tatang Elmy Wibowo, Pemilihan Rumah Isolasi Mandiri ini merupakan permintaan dan hasil kesepakatan warga.

“Warga juga memfasilitasi kegiatan untuk anak-anak agar tidak bosan dan jenuh selama masa pandemi Korona dengan lomba menggambar bertemakan kampanye kesehatan dan kebersihan, dan bercocok tanam. Sementara UPNVY melalui Tim Gugas Covid-19 membantu sosial ekonomi dan ketahanan pangan warga melalui dukungan pembesaran lele, berkebun, dan pembuatan masker non medis,” jelas Tatang

Sedangkan untuk masyarakat di sekitar kampus, Tim Gugas Covid-19 UPNVY bersama BNI Cabang UGM telah menyalurkan bantuan 149 paket sembako yang kali ini diberikan kepada warga pedukuhan Tambakbayan, Catur Tunggal, Depok, Sleman. Ditargetkan seluruh warga pedukuhan di sekitar kampus UPNVY akan menerima bantuan juga. (sce/din)

Pendidikan