RADAR JOGJA – Pola hidup bersih dan sehat (PHBS) diyakini menjadi salah satu upaya terbaik mencegah penularan virus korona (Covid-19). PHBS dilakukan bagi diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan kerja maupun tempat tinggal.

Nah, dalam rangka mencegah persebaran korona,  lingkungan kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) kampus Magelang secara rutin disemprot cairan disinfektan. Tak hanya dosen, karyawan, dan mahasiswa, para tamu pun akan disemprot disinfektan setiap memasuki pintu gerbang kampus Magelang. Termasuk kendaraan yang ditumpangi tamu yang bersangkutan.

Selain itu, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di seluruh ruang kampus dan kandang ternak. Mulai pintu, meja, kursi, sampai peralatan latihan tak luput dari disinfektan.

Sedangkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri disediakan hand sanitizer yang dibuat sendiri oleh karyawan Polbangtan YoMa kampus Magelang. Hand sanitizer sederhana itu dibuat dari gel aloevera dicampur alkohol kadar 70 persen. Komposisi tiap 100 ml terdiri atas alkohol 97 ml dan gel aloevera 3 ml. Selain itu, disediakan pula masker bagi seluruh civitas akademika Polbangtan YoMa kampus Magelang. “Hand sanitizer dibagikan kepada seluruh dosen dan karyawan,” ujar Wadir 2 Polbangtan YoMa drh Yudiani Rina Kusuma MP.

Sedangkan untuk menjaga imun seluruh pegawai kampus disediakan vitamin dan madu. Ditambah telur bebek rebus untuk meningkatkan daya tubuh. “Telur kan sumber protein. Sangat bagus untuk daya tahan tubuh kita,” jelasnya.

Protap pencegahan korona itu bukan semata-mata menindaklanjuti instruksi presiden berdasarkan hasil rapat pimpinan. Lebih dari itu sebagai komitmen Polbangtan YoMa mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya mencegah persebaran Covid-19. (*/yog/ila)

Pendidikan